Pengaruh atribut destinasi islami terhadap loyalitas berkunjung kembali di Kabupaten Gayo Lues yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan

Izzudin, Muhammad Mukhlis (2022) Pengaruh atribut destinasi islami terhadap loyalitas berkunjung kembali di Kabupaten Gayo Lues yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026008_MUHAMMAD_MUKHLIS_IZZUDIN] Text (SKRIPSI_1705026008_MUHAMMAD_MUKHLIS_IZZUDIN)
SKRIPSI_1705026008_MUHAMMAD_MUKHLIS_IZZUDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (180kB)

Abstract

Meningkatnya industri halal di Kabupaten Gayo Lues memunculkan wisata halal (halal tourism) sebagai fenomena baru. Hal ini juga didukung oleh berbagai literatur yang menjelaskan bahwa wisatawan Muslim peduli terhadap konsumsi produk dan layanan sesuai syariah ketika berkunjung ke destinasi wisata. Minat terhadap wisata halal (halal tourism) mengalami pertumbuhan yang meningkat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengeruh atribut destinasi Islami terhadap loyalitas berkunjung kembali yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan di Kabpuaten Gayo Lues.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan riset SEM (Structural Equation Modeling). Sampel penelitian ini adalah wisatawan Muslim yang pernah berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Gayo Lues sebanyak 156 responden. Sementaraitu analisis data menggunakan model PLS-SEM yang di bantu dengan aplikasi Smart-PLS versi 3.2.
Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut destinasi Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan juga berpenagruh positif dan signifikan terhadap loyalitas berkunjung kembali. Semetara itu, atribut destinasi islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas berkunjung kembali. Lebih lanjut, kepuasan wisatawan mampu memediasi hubungan antara atribut destinasi Islami terhadap loyalitas berkunjung kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Atribut Destinasi Islami; Kepuasan; Loyalitas Berkunjung Kembali; SEM-PLS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Mar 2023 02:51
Last Modified: 18 Mar 2023 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19483

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics