Perlindungan hukum dalam pelayanan medis terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu

Vabesta, Alivia (2022) Perlindungan hukum dalam pelayanan medis terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1802056005_ALIVIA VABESTA_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1802056005_ALIVIA VABESTA_SKRIPSI_LENGKAP)
1802056005_ALIVIA VABESTA_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan medis merupakan suatu kegiatan mikro sosial yang berlaku antara orang perorangan sebagai langkah awal dalam proses pra transaksi pelayanan kesehatan. Pelayanan medis merupakan pelayanan yang berupa pemberian informasi medis, jenis dan prosedur pelayanan yang ditujukan kepada pasien pada saat ingin melakukan tindakan medis atau mengkonsumsi produk kesehatan tertentu yang telah disediakan oleh Rumah Sakit. Pelayanan medis memuat hak-hak pasien yang harus dijamin dalam pelaksanaannya, seperti hak keamanan dan kenyamanan yang didapat di Rumah Sakit, hak atas informasi, hak atas privasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu suatu perlindungan hukum yang dapat melindungi hak-hak pasien dari hal-hal yang melanggar. Bagaimana perlindungan hukum dalam pelayanan medis terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu serta bagaimana kendala dan permasalahan yang timbul dalam upaya pemberian perlindungan hukum dalam pelayanan medis terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu serta upaya apa yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam upaya pemberian perlindungan hukum terhadap pasien dalam pelayanan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dengan mengumpulkan data-data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara.Data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul selanjutnya direduksi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukumyang diberikan terhadap pasien yaitu perlindungan preventif yakni sebelum pelaksanaan pelayanan medis terlebih dahulu pihak rumah sakit akan memberi tahu informasi kepada pasien, mengenai aturan-aturan yang ada dirumah sakit, serta resiko-resiko yang akan terjadi. Permasalahan-permasalahan yang terjadi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Bumiayu, sebagian besar terjadi di pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit kurang memuaskan, mulai dari informasi yang kurang jelas dan lain sebagainya.Upaya yang dilakukan oleh pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) Bumiayu adalah dengan mengedepankan hak konsumen (Pasien) dengan memberikan pelayanan yang baik, memperhatikan kinerja perawat dan dokter dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum; Pelayanan Medis; Konsumen; Pasien
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Mar 2023 04:48
Last Modified: 18 Mar 2023 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics