Implementasi nilai-nilai mahabbah dalam kidung Rumeksa Ing Wengi Menurut juru kunci Makam Sunan Kalijaga

Saputra, Abdul Ma_ruf (2022) Implementasi nilai-nilai mahabbah dalam kidung Rumeksa Ing Wengi Menurut juru kunci Makam Sunan Kalijaga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046022_Abdul Ma_ruf saputra_Skripsi Full] Text (Skripsi_1604046022_Abdul Ma_ruf saputra_Skripsi Full)
1604046022_Abdul Ma_ruf saputra_Skripsi Full - abdul maruf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (997kB)

Abstract

Mahabbah adalah dalam ilmu tasawuf memiliki makna cinta, sedangkan Kidung Rumeksa Ing Wengi adalah sebuah karya yang di ciptakan oleh Sunan Kalijaga yang meimliki arti do’a. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut penelitian ini diambil dari makna mahabbah dari sebuah kidung yang dapat dimaknai beberapa sisi, dengan berbagai pandangan masyarakat umum ataupun yang mengetahui makna tersirat dari kidung tersebut.
Dari penjelasan di atas terdapat sebuah pertanyaan apakah ada Nilai Mahabbah Dalam Kidung Rumeksa Ing Wengi? Dengan tujuan untuk mengetahui dari jawaban tersebut, penulis melakukan penelitian dengan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transendental atau fenomenologi psikologis yang bertujuan mencari makna atau arti dari pengalaman yang ada dalam hidup secara mendalam (hilistik).
Hasilnya, Kidung Rumeksa Ing Wengi terdapat nilai-nilai mahabbah didalamnya. Bisa di katakan ada dikarenakan, di dalam lirik Kidung Remeksa Ing Wengi terdapat nilai-nilai doa yang untuk meminta keselamatan baik dari wabah, serangan hama, racun, orang berniat jahat di malam hari, serta gangguan-gangguan, baik dari jin, setan, maupun segala sesuatu yang tidak terlihat. Dalam kidung juga terdapat lirik yang mengisyaratkan penyatuan diri dan bentuk kesadaran diri kita terhadap rasa mahabbah itu kepada Allah. Beberapa juga di maksudkan untuk mengenalkan para nabi dan sahabat yang di kasihi oleh Allah, yang diharapkan dengan kekaguman tersebut dapat menghadirkan rasa mahabbah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahabbah; Kidung Rumeksa Ing Wengi; Makam Sunan Kalijaga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 05:11
Last Modified: 01 Apr 2023 05:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics