Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum : pada mahasiswa tasawuf dan psikoterapi angkatan tahun 2021 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Fajrin, Rahma Maulina (2022) Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum : pada mahasiswa tasawuf dan psikoterapi angkatan tahun 2021 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704046018_Rahma Maulina Fajrin_Full] Text (Skripsi_1704046018_Rahma Maulina Fajrin_Full)
1704046018_Rahma Maulina Fajrin_Full Skripsi - Rahma Maulina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Berbicara di depan umum, bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa, telebih mereka yang merupakan mahasiswa baru. Kepercayaan diri menjadi hal yang berperan sangat penting dalam mengurangi rasa cemas yang timbul ketika mahasiswa berbicara di depan umum maupun saat presentasi di depan kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2021 Universitas Negeri Walisongo Semarang. Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis Korelasi Product Momen untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan umum. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan Tahun 2021 Universitas Islam Negeri Walisongo dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala kepercayaan diri yang diadopsi dari Faiqotul Himmah (2020) dan Personal Report of Public Speaking Anxiety oleh Mc.Croskey (1987) yang disusun dalam bentuk skala likert.
Berdasarkan hasil analisa Korelasi Product Moment ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum dengan r = -0.663 p=0.000. Hal ini berarti semakin rendah kepercayaan diri maka semkain tinggi kecemasan berbicara di depan umum, begitu pula sebaliknya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri; Kecemasan berbicara
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:48
Last Modified: 01 Apr 2023 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics