Pengaruh berfikir positif terhadap motivasi kerja pada karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama Desa Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Kemala, Anisa Luthfiya (2022) Pengaruh berfikir positif terhadap motivasi kerja pada karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama Desa Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704046034_Anisa Luthfiya Kemala_Full] Text (Skripsi_1704046034_Anisa Luthfiya Kemala_Full)
1704046034_Anisa Luthfiya Kemala_Full Skripsi - A l.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan sangat dibutuhkan adanya motivasi yang tinggi. Dengan adanya motivasi dapat memberikan alasan pada seseorang untuk bekerja secara baik sesuai dengan prosedur, target dan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Motivasi itu sendiri merupakan suatu yang pokok, yang kemudian menjadi dorongan seseorang atau individu untuk bekerja secara sederhana, motivasi adalah menciptakan semangat gairah kerja. Motivasi lebih didominasi berasal dari kemampuan diri dalam membangkitkan potensi yang ada pada diri yang kemudian dikenal dengan self management. Agar harapan akan sukses pada individu menjadi dominan sehingga motivasi kerja pada karyawan meningkat, maka diperlukan adanya pemikiran yang positif, karena dengan berfikir positif akan menghasilkan, harapan, rasa optimis dan daya cipta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berfikir positif terhadap motivasi kerja pada karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama desa Campurejo kecamatan Boja kabupaten Kendal. Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis uji hipotesis (uji t) untuk menguji apakah ada pengaruh berfikir positif terhadap motivasi kerja karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama desa Campurejo kecamatan Boja kabupaten Kendal. Subyek penelitian ini yaitu karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama yang berjumlah 63 orang karyawan. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala berfikir positif yang diadopsi dari skripsi Anastasia Nia Hardini (2012) dan skala motivasi kerja yang diadopsi dari skripsi Rosa Pranitasari(2011) dengan bentuk skala likert.
Berdasarkan hasil dari uji analisis hipotesis parsial antara berfikir positif (X) dengan motivasi kerja (Y) terbukti adanya pengaruh positif antara berfikir positif dengan motivasi kerja pada karyawan pabrik PT Tri Surya Purnama desa Campurejo kecamatan Boja kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai t hitung 12,268>1,671 (t tabel) maka HO ditolak atau Ha diterima, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial berpikir positif berpengaruh positif terhadap motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berfikir positif; Motivasi kerja
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:56
Last Modified: 01 Apr 2023 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics