Kepedulian sosial dalam tinjauan sufistik : studi program sedekah PO Haryanto Ngembal Kudus

Filiza, Roja (2022) Kepedulian sosial dalam tinjauan sufistik : studi program sedekah PO Haryanto Ngembal Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704046051_ROJA FILIZA_LENGKAP] Text (Skripsi_1704046051_ROJA FILIZA_LENGKAP)
1704046051_ROJA FILIZA_LENGKAP TUGAS AKHIR_040233 - Roja Filiza2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan kebersamaan dalam kehidupanya. Semua itu adalah dalam rangka saling memberi dan saling mengambil manfaat serta hikmahnya. Orang kaya tidak dapat hidup tanpa orang miskin yang menjadi pembantunya,pegawainya,sopirnya, atau lainya. Demikian pula orang miskin tidak dpat hidup tanpa orang kaya. PO Haryanto merupakan perusahaan transportasi darat yang melayani pariwisata dan reguler, tetapi hal yang menajubkan justru terlihat oleh perusahaan tersebut. Yaitu dengan program sedekah yang dilakukan sejak perusahaan ini berdiri pada tahun 2002. Bentuk perhatian yang dimiliki PO Haryanto tidak hanya kepada karyawanya saja, namun juga kepada masyarakat umum, tentu ini menjadi hal menarik yang jarang sekali dimiliki oleh perusahaan besar apalagi dibidang transportasi umum.
Salah satu mengapa PO Haryanto melakukan program sedekah sebesar ini tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT.yang mana perusahaan ini di jalankan sebagai ladang ibadah yang tidak hanya mementingkan kepentingan dunia untuk memperkaya diri saja. Seperti santunan anak yatim, pemberangkatan umroh karyawan, pembangunan Masjid, dan bedah rumah warga kurang mampu. Melalui program sedekah yang sudah diterapkan dalam perusahaan diharapkan bisa membuka jalan kebahagiaan dunia dan akhirat baik untuk perusahaan maupun orang-orang yag terlibat dalam lingkup PO Haryanto, seperti keluarga pemilik hingga karyawanya.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa deskriptif-kualitatif. Dimana jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang mampu menggambarkan kejadian ketika peneliti melakukan penelitian di lapangan. Sehingga penelitian ini juga bisa disebut dengan penelitian lapangan atau bisa disebut (Field research). Sumber data primer dari penelitian ini adalah pemilik perusahaan dan sumber data sekundernya adalah karyawan. Data diambil menggunakan observasi disertai dengan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kacamata sufistik dari program sedekah yang dijalankan oleh PO Haryanto merupakan suatu bentuk rasa syukur, wara’, raja’ dan khauf, serta tawakkal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepedulian sosial; Sedekah; Sufistik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 07:20
Last Modified: 01 Apr 2023 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics