Studi kodikologi manuskrip salinan Tafsir Jalalain K.H ‘Abdul Karim Bin Mustofa Kranji : sejarah dan karakteristik

Fatikhin, M. Choerul (2022) Studi kodikologi manuskrip salinan Tafsir Jalalain K.H ‘Abdul Karim Bin Mustofa Kranji : sejarah dan karakteristik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1804026036_M_Chaerul_Fatikhin] Text (SKRIPSI_1804026036_M_Chaerul_Fatikhin)
1804026036_M.Choerul Fatikhin_Full Skripsi - M khoirul Fatikin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ditemukannya manuskrip salinan Tafsi>r Jala>lain karya Muhammad Jala>luddi>n As-Suyut{i dan Jala>luddi>n Al-Mah{alli> di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji, Paciran, Lamongan yang ditulis tangan oleh KH. ‘Abdul Kari>m bin Mus{t{ofa. Manuskrip tersebut belum mendapatkan perhatian penting dari lingkungan pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah dan keingin tahuan penulis untuk mengetahui informasi-informasi yang terdapat dalam manuskrip tersebut dari segi sejarah maupun karakteristiknya sehingga penelitian ini dianggap penting untuk dilakukan.
Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pembahasan pada dua pokok masalah, yaitu terkait bagaimana sejarah penulisan, sejarah sosial manuskrip Tafsi>r Jala>lain salinan KH ‘Abdul Kari>m bin Mus{t{ofa Kranji dan karakteristik ditinjau dari segi kodikologinya. Melalui kajian filologi pada manuskrip Tafsi>r Jala>lain salinan KH ‘Abdul Kari>m, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif berbasis library research dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis isi.
Setelah dilakukannya penelitian, menghasilkan beberapa kesimpulan. Dari segi kodikologinya, Media yang digunakan dalam manuskrip adalah kertas Eropa dengan countermark berupa segitiga dan di tengah tengahnya terdapat gambar Singa. Terkait fisik naskah, manuskrip ini dari segi ukuran naskah berukuran panjang 32 cm lebar 21 cm tebal 2 cm dan tulisannya berukuran panjang 23 cm lebar 13,5 cm dan jenis penjilitan dengan cara dijahit dengan lem dan disolasi yang terdiri dari 96 lembar dengan jumlah halaman 192 yang terdiri dari 23 baris tulisan ayat al-Quran maupun penafsirannya dalam setiap halaman. Tidak terdapat iluminasi dalam manuskrip ini, dan tinta yang digunakan adalah merah yang menunjukkan penanda ayat al-Quran dan hitam sebagai penanda tulisan penafsirannya.
Mengenai sejarah penulisan, manuskrip ini dilatarbelakangi oleh keinginan belajar yang dilakukan oleh KH. ‘Abdul Kari>m bin Mus{t{ofa sebagai media sewaktu beliau masih menimba ilmu dipondok pesantren Tebuireng Jombang. Sementara itu ditemukan beberapa karakteristik dalam teks dari manuskrip ini. Pertama, penggunaan Makna Gandhul yang menjadi jembatan bagi pembaca dan santri untuk memahami isi dari kandungan Tafsi>r Jala>lain salinan KH ‘Abdul Kari>m bin Mus{t{ofa Kranji yang berbahasa Arab. Kedua, penggunaan kode-kode gramatikal Arab secara konsisten dan cukup mapan menandakan bahwa Makna Gandhul telah berkembang pada waktu itu. Adapun penulisan nya dari segi rasm nya dalam manuskrip salinan tafsi>r Jala>lain KH ‘Abdul Kari>m bin Mus{t{ofa Kranji terdapat inkonsistensi, adakalanya ayat satu menggunakan kaidah rams imla’i, adakalanya satu ayat menggunakan kaidah rasm Utsmani, adapula satu ayat menggunakan kaidah imla’i dan Utsmani

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manuskrip; Tafsir Jalalain; K.H ‘Abdul Karim Bin Mustofa Kranji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:44
Last Modified: 05 Apr 2023 01:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics