Pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an dalam film animasi Nussa dan Rara Di Youtube

Hikmaniarawati, Sartika (2022) Pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an dalam film animasi Nussa dan Rara Di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1804026106_Sartika_Hikmaniarawati] Text (SKRIPSI_1804026106_Sartika_Hikmaniarawati)
1804026106_Sartika Hikmaniarawati_Full Skripsi - Sartika Hikmaniarawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Film Animasi Nussa dan Rara merupakan Film Animasi Islami karya anak bangsa. Film Animasi ini banyak sekali menyampaikan ajaran-ajaran Islam maupun ilmu lain yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Film Animasi ini banyak sekali disampaikan pemahaman tentang ayat-ayat al-Qur’an maupun hadits. Oleh karena itu penulis akan meneliti lebih dalam tentang bagaimana metode penyampaian ayat-ayat al-Qur’an dalam Film Animasi Nussa dan Rara di youtube, serta bagaimana metode dan corak pemahaman ayat-ayat al-Qur’an dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan yaitu dokumentasi, dan metode analisis berupa metode analisis isi atau (content analysis) dan analisis semiotika untuk lebih memudahkan menemukan tanda-tanda pemahaman ayat-ayat al-Qur’an dalam Film Animasi Nussa dan Rara.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa pertama, metode penyampaian al-Qur’an dalam Film Animasi Nussa dan Rara yaitu berupa terjemah tanpa menyampaikan teks ayat al-Qur’an tetapi hanya menyebut nama surat dan nomor ayatnya saja. Kedua, metode dan corak pemahaman ayat-ayat al-Qur’an dalam Film Animasi Nussa dan Rara yaitu bersifat tekstual sesuai terjemah pada umumnya dan bersifat global atau ringkas seperti tafsir Ijmali. Sedangkan coraknya yaitu memiliki beberapa corak diantaranya corak tasawuf dan corak tafsir al-Adab al-Ijtimā’I atau sastra, sosial kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ayat Al-Qur’an; film animasi; Nussa; Rara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:25
Last Modified: 06 Apr 2023 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics