Agama dan adaptasi sosial : studi kasus penggusuran lembaga-lembaga keagamaan untuk pembangunan jalan tol di Kota Semarang

Amin, Nasihun and Masur, Moh. (2018) Agama dan adaptasi sosial : studi kasus penggusuran lembaga-lembaga keagamaan untuk pembangunan jalan tol di Kota Semarang. LP2M UIN Walisongo, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Masur - Agama_dan_adaptasi_sosial] Text (Masur - Agama_dan_adaptasi_sosial)
Masur - Agama_dan_adaptasi_sosial.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka memajukan masyarakat, pembangungunan infrastruktur, termasuk jalan tol, adalah merupakan sebuah keniscayaan. Namun demikian, pembangunan ini ternyata juga mempunyai dampak yang kurang baik, terutama dari sisi sosial. Sebuaha tatanan yang semula sudah kokoh, menjadi terganggu. Diantara yang mengalami kondisi demikian adalah lembaga-lembaga keagmaan.
Ada dua pokok persoalan utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran agama dalam mengatasi situasi penggusuran akibat pembangunan jalan tol dan apa strategi adaptasi sosial yang dilakuakan oleh lembaga-lembaga keagamaan dalam mengatasi penggusuran akibat adanya pembangunan jalan tol.
Permasalahan ini diteliti dengan menggunakan metode wawancara terhadap pengurus dan masyarakat sekitar lembaga-lembaga keagamaan itu berada, dan observasi tentang berbagai aktivitas yang dilaksanakan;
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa lembaga-lembaga keagamaan di Kota Semarang tidak mempermasalahkan adanya proses pembangunan. Mereka akomodatif dan kooperatif. Karena menyadari bahwa sesungguhnya hal tersebut untuk hal yang lebih baik. Bahkan ada yang menyikapinya sebagai berkah. Walau demikian, lembaga-lembaga keagamaan tersebut harus mengatur strategi adaptasi agar bisa menyelesaikan masalah. Pada akhirnya, mereka menggunakan strategi adaptasi yang berbeda-beda sesuai dengan karakter persoalan yang dihadapi. Strategi ini yang lebih penting adalah aspek-aspek yang mendasarinya seperti kohesi sosial yang tetap terjaga, menjadi media untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab sosial, tetap terjaga efisiensi aktivitas, semakin meningkat kuantitas dan kualitas, tetap terjaganya integrasi pendidikan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Agama; Adaptasi sosial; Pembangunan; Penggusuran; Lembaga keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:12
Last Modified: 11 Apr 2023 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics