Penafsiran ayat-ayat defabel dalam Al-Qur’an : perspektif mufassir Nusantara

Masrur, Moh. and Tafsir, Tafsir (2022) Penafsiran ayat-ayat defabel dalam Al-Qur’an : perspektif mufassir Nusantara. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Masur-2022-Penafsiran-Ayat-Difabel-Al-Quran] Text (Masur-2022-Penafsiran-Ayat-Difabel-Al-Quran)
Masur-2022-Penafsiran-Ayat-Difabel-Al-Quran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kaum difabel/penyandang cacat masih sering kali dipandang sebelah mata oleh masyarakat luas, tidak sedikit para penyan- dang difabel yang menerima perlakuan tidak menyenangkan, stigma negatif serta stereotip dari orang-orang sekitar. Berbagai bentuk diskriminasi pun kerap kali dialamatkan kepada mereka, mulai dari bulliying, dikucilkan, rendahnya pendidikan serta minimnya lapangan pekerjaan. Meskipun pada tatanan global, sudah mulai muncul kepedulian ter- hadap kelompok ini. Hal ini ditandai dengan ditetapkannya tanggal 3 Desember sebagai Hari Penyandang Cacat Sedunia, akan tetapi nampak belum tersosialisasi dengan baik se- hingga belum diketahui orang luas. Lebih prihatin lagi, tern- yata praktik-praktik tidak menyenangkan terhadap penyan- dang difabel juga dapat dijumpai di lingkungan akademik yang seharusnya menjadi ‘lingkungan garis depan’ yang mengkampanyekan ramah difabel.
Penelitian ini ingin menelusuri bagaimana pandangan al-Qur’an tentang kaum difabel yang ada di tengah-tengah masyarakat kita serta bagaimana padangan mufassir nusan- tara dalam memahami ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang esksitensi kaum defabel tersebut. Metode dan pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosio-his- toris. Beberapa kitab tafsir karya ulama nusantara menjadi sumber data utama dalam penelitian ini, disamping sumber- sumber sekunder lainnya. Karena jenis penelitian ini adalah library research maka teknik pengumpulan data yang dipilih adalah studi dokumen, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hermenutik dan analisis biografis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semua ayat- ayat al-Qur’an yang berbicara mengenai kaum defabel/pen- yandang cacat, justru merujuk pada makna perlindungan dan pengayoman. Surat ‘Abasa [80]: 1-2 misalnya, secara umum berisi teguran langsung dari Allah SWT atas sikap Nabi Mu- hammad SAW. yang tidak mau ramah terhadap seorang pen- yandang cacat yang datang padanya, yaitu yang bernama Ab- dullah ibn Ummi Maktum. Mufassir awal al-Qur’an di Nusantara, sepertinya Syekh Abdurrouf al-Sinkili (1615-1693 M.) dan Syaikh Nawawi al- Bantani (1813-1879 M.) belum banyak memberikan elabo- rasi yang memadahi terhadap eksistensi kaum defabel/pen- yandang cacat ini, demikian pula tokoh-tokoh mufassir Nusantara lainnya seperti Prof. Dr. HAMKA (1908-1981 M.), KH. Bisri Musthofa (1915-1977 M.), juga Prof. Quraish Shihab, mereka lebih fokus menjelaskan latar belakang turunya QS. Abasa (80) dan makna ayat tersebut secata tekstual, sementara pembahasaan secara kontekstual atas tafsir ayat-ayat de- fabel belum dijamah sama sekali oleh mareka. Ini berbeda dengan tema-tema yang beririsan langsung dengan persoalan sosial politik, semisal persoalan dasar negara Pancasila atau program KB, para mufassir kita sepertinya tampak lebih re- sponsive, ini seperti ditunjukkan oleh Bakri Syahid (1918-1994 M.) dan KH. Misbah Zaenul Musthofa (1916-1994 M.).

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Difabel; Tafsir Al-Quran; Mufassir Nusantara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:43
Last Modified: 10 Apr 2023 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics