Model penulisan tafsir Al-Qur’an di Nusantara

Masrur, Moh. (2015) Model penulisan tafsir Al-Qur’an di Nusantara. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo, Semarang.

[thumbnail of Masrur-Model-Penulisan-Tafsir-Nusantara] Text (Masrur-Model-Penulisan-Tafsir-Nusantara)
Masrur-Model-Penulisan-Tafsir-Nusantara.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Buku yang berjudul : Model Penulisan Tafsir di Nusantara al-Qur’an di Nusantara ini merupakan modul/bahan ajar mata kuliah TAFSIR INDONESIA pada Program Studi Tafsir Hadits/IAT pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo.
Matakuliah ini merupakan matakuliah yang berorientasi memberikan wawasan sekaligus skill meneliti bagi mahasiswa prodi Tafsir Hadits/Ilmu al-Qur`an dan Tafsir maupun mahasiswa lain yang berminat melakukan penelitian terhadap sejarah model penulisan tafsir al-Qur’an yang pernah muncul dan berkembang di Nusantara dari abad 17–21.
Ditinjau dari model penulisan tafsir, sejarah telah mencatat bahwa sejak abad 17-21, telah muncul 4 (empat) model penuisan tafsir al-Qur’an di nusantara ini, yakni : model penulisan tafsir ringkas (ijmaly), model penulisan tafsir catatan kaki (footnote), model penulisan tafsir lengkap (syarkhi), dan model penulisan tafsir tematik (maudlu’i). .
Yang akan digunakan sample sebagai model penulisan tafsir ringkas (ijmaly) adalah 3 tafsir karya ulama Nusantara : Tafsir Tarjuman al-Mustafid karya Syaikh Abd. Rouf al-Sinkili, Tafsir al-Munir karya Imam Nawawi al-Bantani dan Tafsir al-Ibriz karya KH. Bisri Musthofa
Selanjutnya, yang akan digunakan sebagai contoh dalam model penulisan tafsir catatan kaki (footnote) adalah Tafsir al-Furqon karya A. Hasan dan Tafsir Kur’an Karim karya Prof. Dr. Mahmud Yunus.
Model yang ke-3 yang akan dimuat dalam penulisan buku ajar ini, yaitu model penulisan tafsir lengkap (syarkhi). Ada 2 tafsir karya ulama nusantara yang akan digunakan sebagai sample disini, Tafsir al-Azhar karya HAMKA, dan Tafsir al-Misbah karya Prof. Dr. Quraish Shihab.
Sebagai model terakhir yang akan disuguhkan dalam buku ini adalah model penulisan tafsir tematik (maudlu’i). Beberapa karya tafsir yang bisa dirujuk sebagai model ini antara lain : Wawasan al-Qur’an karya Prof. Dr. Quraish Shihab, Ensiklopedia al-Qur’an karya Prof. M. Dawam Rahardjo.
Buku-buku referensi yang tersebar yang terkait dengan Model Penulisan Tafsir di Nusantara belum begitu banyak, sehingga hadirnya buku ini diharapkan bisa sebagai sumbangsih terhadap khazanah keilmuan tafsir di Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan buku referensi bagi mahasiswa Prodi TH/IAT pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Model penulisan; Tafsir Al-Quran; Nusantara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:14
Last Modified: 10 Apr 2023 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics