Living teologi tentang moderasi beragama di masyarakat perumahan Taman Puri Banjaran Bringin Ngaliyan Semarang

Safii, Safii and Saefudin, Achmad Ma’arif (2021) Living teologi tentang moderasi beragama di masyarakat perumahan Taman Puri Banjaran Bringin Ngaliyan Semarang. Project Report. LP2M UIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Safii - Living Teologi Tentang Moderasi Beragama] Text (Safii - Living Teologi Tentang Moderasi Beragama)
Safii - Living teologi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan teologi saat ini sudah mengalami perkembangan, dari teosentris ke arah antroposentris. Salah satu problem teologi sekarang adalah banyaknya paham yang mengarah pada intoleransi dan radikalisme. Melihat kekhawatiran tersebut, penelitian ini mengkaji tentang moderasi beragama, untuk mengimbangi wacana tersebut. Penelitian ini mengangkat masyarakat transisi, yakni Perumahan Taman Puri Banjaran (Perum TPB) Bringin Ngaliyan Semarang yang merupakan masyarakat menengah di perkotaan sebagai obyek penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode analisis desktiptif. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan sosiologis dan fenomenologis. Hasil penelitian ini adalah Perum TPB walaupun tergolong perumahan baru yang terletak di perkotaan sudah memiliki pandangan moderat meskipun belum bisa dikatakan sumpurna. Adapun yang membuat masyarakat Perum TPB memiliki pandangan moderat tidak lepas dari 4 faktor, yakni: (1) memiliki modal sosial kultural, (2) memiliki tokoh-tokoh yang moderat, (3) memiliki pandangan yang terbuka (inklusif) dan (4) memiliki pemahaman pluralisme yang baik. Selain itu, masyarakat Perum TPB memiliki peluang untuk mengembangkan paham moderat lebih baik karena dasar- dasar moderasi sudah terbentuk. Namun demikian, Perum TPB masih rawan kemasukan paham intoleransi dan radikalisme karena letak perumahan di perkotaan dan pemahaman moderat baru terbentuk, selain faktor teknologi digital yang menyediakan berbagai macam informasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Living teologi; Moderasi beragama; Masyarakat kota; Masyarakat perumahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:35
Last Modified: 11 Apr 2023 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics