Desain roadmap kelulusan tepat waktu mahasiswa Jurusan Studi Agama-agama UIN Walisongo Semarang

Sukendar, Sukendar and Djurban, Djurban and Wardiyah, Septi and Fitriana, Nova Nur Alif (2022) Desain roadmap kelulusan tepat waktu mahasiswa Jurusan Studi Agama-agama UIN Walisongo Semarang. Project Report. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Sukendar_et_al - Desain roadmap kelulusan tepat waktu] Text (Sukendar_et_al - Desain roadmap kelulusan tepat waktu)
Sukendar_ 2022 - Desain Roadmap Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (616kB)

Abstract

Kelulusan tepat waktu mahasiswa masih menjadi masalah besar bagi perguruan tinggi. Rendahnya prosentase kelulusan tepat waktu menjadi hal yang merugikan bagi mahasiswa dan menjadi hambatan bagi perguruan tinggi untuk mendapat predikat unggul dalam akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama untuk lulus tepat waktu, kemudian menawarkan roadmap dan Fasilitas Pendukungyang bisa digunakan mahasiswa untuk mendapatkan gelar yang diinginkannya dengan tepat waktu. Data penelitian ini didapat dari hasil wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan beberapa faktor yang menghambat kelulusan tepat waktu, yaitu: Rendahnya kemampuan mahasiswa untuk menyerap kompetensi matakuliah, problem tes TOEFL/IMKA, kesulitan menghapal beberapa Surat al-Qur’an dan Hadis yang diwajibkan, problem dosen wali yang susah ditemui, dan pembimbing tugas akhir yang slow respon. Mahasiswa perlu membuat roadmap dengan cara mencatat langkah yang akan ditempuh selama proses meraih gelar akademiknya, membuat daftar milestone yang harus dilalui, dan merencanakan skills tambahan yang perlu dikuasai. Roadmap yang dibuat harus sesuai dengan dan berjalan seiring Buku Monitoring Akademik yang diberikan oleh fakultas. Pencapaian tujuan roadmap kelulusan tepat waktu juga membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai dari perguruan tinggi, seperti aturan dan sarana yang mendukung kelulusan tepat waktu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Laporan Penelitian Klaster Penelitian Berbasis Program Studi
Uncontrolled Keywords: Kelulusan tepat waktu; Mahasiswa; Jurusan Studi Agama-agama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:31
Last Modified: 11 Apr 2023 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics