Cercular model of RD&D : model RD&D pendidikan dan sosial

Winaryati, Eny and Munsarif, Muhammad and Mardiana, Mardiana and Suwahono, Suwahono (2021) Cercular model of RD&D : model RD&D pendidikan dan sosial. PENERBIT KBM INDONESIA, Bantul. ISBN 978-623-5507-54-5 (Unpublished)

[thumbnail of Buku_ Cercular model of RD&D : model RD&D pendidikan dan sosial] Text (Buku_ Cercular model of RD&D : model RD&D pendidikan dan sosial)
BUKU Cercular Model RD_D (RD_D Pendidikan dan Sosial)-dikompresi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Buku ini disusun, untuk memberi kemudahan bagi peneliti bidang pendidikan. Berdasarkan pengamatan peneliti pada disertasi atau beberapa hibah bidang pendidikan, adanya kecenderungan ketika mengembangkan suatu model menggunakan tahapan R&D yang disusun oleh Borg & Gall. Hal ini disebabkan karena langkanya model penelitian dan pengembangan (R&D) bidang pendidikan. Berdasarkan persoalan di atas inilah, penulis bermaksud menyusun buku ini. Tujuan utama dilakukannya penelitian dan pengembangan (R&D) adalah untuk menemukan pengetahuan baru, teknologi baru, produk baru atau memperbaiki produk yang sudah ada. R&D diawali dengan penelitian atau pengetahuan tentang produk yang direncanakan, menemukan ide segar atau produk baru yang akan dikembangkan. Tahap berikutnya adalah tahap merancang, menguji keefektifan dari produk baru atau perbaikan produk, sampai diterimanya produk tersebut oleh konsumen/pasar.
Berdasarkan persoalan di atas inilah, penulis bermaksud menyusun suatu model R&D bidang pendidikan dan sosial. Harapannya dapat memberi kemudahan bagi calon peneliti, ketika menggunakan penelitian yang menggunakan pendekatan R&D. Penulis mencoba memberikan suatu pemahaman yang tidak kaku, di dalam melakukan pendekatan penelitian. Telaah dari beberapa literature, logika penelusuran untuk dihasilkannya suatu model R&D, sampai rincian pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan calon peneliti. Itulah sebabnya dalam buku ini akan ditemukan juga kombinasi pendekatan lain seperti Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), Quasy Eksperiment (eksperimen semu), atau implementasi small scope (kelas kecil), atau dengan cara menvariasi beberapa pendekatan model R&D. Hasil dari kombinasi beberapa model R&D, RD&D, desian insttuksional, dihasilkan suatu model RD&D yang terpeinci, sistematis, serta memberi kemudian bagi user. Setiap fase dari tahapan RD&D dijalankan secara bersiklus, dan setiap fase kegiatan dievaluasi, dihasilkan Cercular model of R&D.
Cercular model of R&D disusun berdasarkan suatu kombinasi beberapa model R&D dengan desain instruksional, serta divariasi dengan beberapa pendekatan penelitian. Pembahasan diawali RD&D Havelock, R&D Borg & Gall, Dick & Carey model, Cennamo models, ADIIE models, 4D model oleh Thiagarajand. Metode Quasy eksperiment dan Classroom Action Research sering digunakan, ketika produk sementara dari proses R&D diimplementasikan. Rekomensai perbaikan diperoleh dari hasil evaluasi formatif (evaluasi di tengah proses/sementara) dan sumatif (evaluasi akhir kegiatan). Berbagai informasi terkait, pengalaman sebelumnya, fenomena yang terjadi, serta berbagai rekomendasi hasil penelitian, merupakan aktivitas review literatur untuk menghasilkan rancangan model dari aplikasi Cercular model of RD&D

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Model penelitian; Quasy eksperiment; Classroom action
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 May 2023 08:49
Last Modified: 02 May 2023 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19699

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics