Pemodelan rasch : pengukuran rater yang objektif dan adil dalam uji keterampilan dasar kimia

Suwahono, Suwahono (2021) Pemodelan rasch : pengukuran rater yang objektif dan adil dalam uji keterampilan dasar kimia. Prosiding Seminar Nasional : Pengelolaan madrasah swasta yang bermutu: 489. pp. 489-498. (Unpublished)

[thumbnail of ARTIKEL PROSIDING NASIONAL penjaminan mutu madrasah_Suwahono] Text (ARTIKEL PROSIDING NASIONAL penjaminan mutu madrasah_Suwahono)
ARTIKEL PROSIDING NASIONAL penjaminan mutu madrasah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk untuk melihat keobjektifan dan keadilan rater.dalam asesmen uji keterampilan dasar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pemodelan Rasch dalam asesmen digunakan dasar keobjektifan dan dalam mengolah data. Responden dalam penelitian ini adalah 2 kelompok yaitu Rater dalam dan rater luar. Berdasarkan Fakta di lapangan diketahui bahwa tidak semua rater menilai semua peserta uji secara objektif dan adil. Ada perbedaan karakteristik antara rater luar dan dalam. Hasil analisis data berdasarkan pemodelan Rash menunjukkan bahwa rater dalam memiliki nilai ketajaman lebih tinggi dibandikan rater lua[dan Rater luar lebih pelit dibandingkan rater dalam. Pada rater dalam terjadi bias kemurahan. Kesemua rater tidak terjadi efek halo baik rater dalam atau rater luar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Objektit; Adil; Rater; Bias penilai
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Prosiding/Conference paper
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 May 2023 08:50
Last Modified: 02 May 2023 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics