Penguatan karakter religius melalui pembelajaran sains berbasis Unity Of Sciences (UOS) pada anak rentan dampingan rumah pintar bangjo

Ismail, Ismail and Alawiyah, Nur and Rahmania, Sri (2021) Penguatan karakter religius melalui pembelajaran sains berbasis Unity Of Sciences (UOS) pada anak rentan dampingan rumah pintar bangjo. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian_Ismail dkk] Text (Laporan Pengabdian_Ismail dkk)
Laporan Pengabdian, Ismail dkk.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran sains berbasis Unity Of Sciences (UOS) dipandang penting terutama dalam mengembangkan karakter religius pada remaja agar memiliki kesadaran moral dan berakhlakul karimah. Bukan hanya disekolah, namun karakter religius juga perlu ditanamkan dirumah maupun lingkungan sosial terutama pada anak-anak rentan dampingan. Penguatan karakter religius perlu diberikan agar anak-anak tersebut tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan yang dapat menyeretnya ke jalanan. Salah satu Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang memberikan perhatian lebih pada anak-anak rentan dampingan ini adalah Rumah Pintar BangJo. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan karakter religius melalui pembelajaran sains berbasis Unity Of Sciences (UOS) pada anak rentan dampingan Rumah Pintar BangJo.
Penelitian ini berjenis penelitian campuran konkuren dengan menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan karakter religius dilakukan sedangkan data kuantatif digunakan untuk melihat bagaimana perbedaan rata-rata karakter religius yang dikembangkan pada setiap pertemuan. Hasil pengabdian diperoleh penguatan karakter religius pada anak rentan dampingan BangJo dapat dilakukan dengan cara pemberian buklet terintegrasi Unity Of Sciences, penyampaian materi berbasis Unity Of Sciences dan pengaplikasian nilai-nilai karakter religius secara langsung. Hal ini dibuktikan dengan data penguatan karakter religius pada siklus satu hingga siklus tiga dimana terjadi kenaikan dan terdapat perbedaan yang signifikan antara siklus 1 dengan siklus 2 dan 3.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Karakter religius; Unity of ciences; Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 May 2023 08:50
Last Modified: 02 May 2023 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics