Lebaran maulid tinjauan bentuk dan nuansa pelaksanaan tradisi masyarakat Demak

Setiyaningsih, Sri Isnani and H., Luluk Asekhatul (2022) Lebaran maulid tinjauan bentuk dan nuansa pelaksanaan tradisi masyarakat Demak. Project Report. LP2M UIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN_PENELITIAN_Sri_Isnani_Setiyaningsih] Text (LAPORAN_PENELITIAN_Sri_Isnani_Setiyaningsih)
Laporan Riset Maulid 22_Sri Isnani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan gambaran tradisi lebaran maulid Nabi SAW di masyarakat Karanganyar Demak yang berbeda dengan masyarakat muslim lainnya. Fokus dari penelitian ini adalah asal usul, bentuk dan nuansa perayaan Maulid Nabi. Pendekatannya menggunakan pendekatan fenomenologis dengan teknik pengamatan terlibat (participant-observation), wawancara mendalam (in depth interviewing) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Lebaran Maulid (Bodo Mulud) sebagai acara puncak perayaan Maulid Nabi. Perayaan ini sudah dilakukan sejak dahulu, merupakan tradisi turun temurun dan perolehan pengetahuannya melalui mengaji dan contoh-contoh yang dilakukan para sesepuh di masyarakat tersebut. 2) Bentuk dan nuansa perayaan maulid Nabi SAW adalah membaca teks-teks puitis yang terdapat dalam kitab al-Barzanji, dan al Dziba’i dari pagi hingga malam di berbagai tempat; pemberian sedekah; ater-ater makanan ke tetangga dan kegiatan makan bersama (mayoran). Pembacaan al-Barzanji dimaksudkan untuk memahami sirah Nabawiyah dan memperbanyak shalawat, sebagai ungkapan cinta kepada Nabi SAW dan untuk doa wasilah. Dan, kegiatan ater-ater (tujuannya untuk selametan) dimaksudkan untuk menghidarkan diri dari segala kesusahan hidup dan tolak bala dengan cara sedekah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Lebaran maulid; Al-Barzanji; Ater-ater
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:04
Last Modified: 13 Apr 2023 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics