Model rehabilitasi sosial gelandangan psikotik berbasis masyarakat di Panti Rehabilitasi Sosial Nurussalam Sayung Demak

Karnadi, Karnadi and Al-Kundarto, Sadiman and Masrur, Moh. and Musyafiq, Ahmad and Nurhidayah, Siti (2013) Model rehabilitasi sosial gelandangan psikotik berbasis masyarakat di Panti Rehabilitasi Sosial Nurussalam Sayung Demak. Project Report. ORSOS LEMBARAN MAS MURNI (LMM), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of MASRUR - MODEL REHABILITASI SOSIAL] Text (MASRUR - MODEL REHABILITASI SOSIAL)
MASRUR - MODEL REHABILITASI SOSIAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Diantara problem sosial saat ini yang menjadi beban berat pembangunan nasional adalah gelandangan. Sebagai masalah sosial, gelandangan diduga telah ada sejak ciri-ciri kehidupan kota mulai timbul. Dampak modernisasi, industrialisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat, sehingga ditengarai berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap timbul dan berkembangnya gejala yang disebut gelandangan itu. Gelandangan boleh jadi dampak sosial, ketika orang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan, pada gilirannya dapat menimbulkan ketegangan (stress) pada dirinya. Ketegangan merupakan faktor pencetus, penyebab atau akibat dari suatu penyakit mental, sehingga taraf kesehatan fisik dan kesehatan jiwa seseorang dapat berkurang atau menurun.
Penelitian tentang Model Rehabilitasi Sosial Gelandangan Psikotik berbasis masyarakat di Panti Rehabilitasi Sosial “Nurussalam” Sayung Demak, penting untuk dilakukan dalam rangka merespon program pemerintah tentang bebas gelandangan yang selama ini sedang digalakkan. Model rehabilitasi ini dimaksudkan sebagai kerangka berfikir untuk mencoba menjelaskan seluk-beluk panti rehabilitasi sosial “Nurussalam” dalam memberikan terapi penyembuhan terhadap klien.
Hasil rehabilitasi sosial gelandangan psikotik di Panti Rehabilitasi Sosial Gelandangan Psikotik “Nurussalam“ Ngepreh, Sayung, Kabupaten Demak secara komprehensip meliputi : bimbingan sosial, medik, herbal, fisik, rekreatif dan pemberdayaan di bidang ekonomis produktif dengan terapi religius model pondok pesantren lebih manusiawi, karena memandang manusia secara utuh meliputi : fisik, mental maupun sosial, berdampak positif pada upaya secara langsung menghilangkan stigma masyarakat, sehingga tingkat kambuh relatif kecil;
Tingkat penyembuhan lebih optimal, terlebih-lebih setelah difasilitasi Hydrotherapy by shower lebih efektif dan efisien. Karena terdapat kenaikan jangkauan pelayanan dari model manual hanya bisa melayani 30 orang per malam dengan 3 shower bisa menjadi 90 orang ( 300 % ) per malam. Penggunaan Hydrotherapy by shower dapat merangsang kesadaran syaraf sensoris, sehingga klien dapat mudah tidur dan selanjutnya merangsang tingkat kesadaran diri yang tinggi yang berdampak positif untuk mudah disembuhkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Model rehabilitasi sosial; Gelandangan psikotik
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:03
Last Modified: 13 Apr 2023 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics