Laporan penelitian kelompok studi pola pengembangan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama di SMA Boarding School SEMESTA Sragen

Wahid, Abdul and Ma'arif, Syamsul and Fadlan, Andi (2013) Laporan penelitian kelompok studi pola pengembangan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama di SMA Boarding School SEMESTA Sragen. Project Report. LP2M IAIN Walisongo Semarang, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Laporan_Penelitian_2013_Andi_Fadlan] Text (Laporan_Penelitian_2013_Andi_Fadlan)
2013_Laporan Penelitian STUDI POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pola pengembangan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama yang dilakukan oleh SMA Boarding School Semesta Sragen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa pendidikan merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Karenanya perubahan atau perkembangan kurikulum pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan kurikulum pendidikan pada semua tingkat perlu terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Pemikiran ini mengandung konsekuensi bahwa penyempurnaan atau perbaikan kurikulum pendidikan di ”sekolah” untuk mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan perlu terus-menerus dilakukan, diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/dunia industri, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Teknik yang akan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi patisipasi (Partisipant observation), wawancara dengan pedoman, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data, karena termasuk penelitian kualitatif, menggunakan deskriptif analisis. Adapun pendekatan yang digunakan adalah hermeneutik dan sosio-historis.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, 1) Pola pengembangan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama yang dilakukan di SMA Boarding School Semesta Sragen adalah dalam bentuk embedded atau hidden curriculum dengan pendekatan croos dicipline, 2) Prinsip-prinsip yang digunakan dalam mengembangkan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama di SMA Boarding School Semesta Sragen adalah penguatan keilmuan sains dan pembentukan akhlak al karimah, sehingga tidak mengutamakan simbol-simbol keislaman, dan 3) Pengembangan kurikulum berbasis integrasi sains dan esoterisme agama di SMA Boarding School Semesta Sragen dilatarbelakangi oleh lemahnya penguasaan sains dan teknologi di kalangan umat Islam saat ini dan pemikiran Said Nursi yang ingin mengembalikan kejayaan Islam dalam bidang sains dan teknologi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Integrasi; Sains; Esoterisme Agama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 02 May 2023 07:18
Last Modified: 02 May 2023 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics