Rasm dalam manuskrip mushaf Al-Qur’an di Museum Kambang Putih Tuban

Fadlilah, Asna Nur (2022) Rasm dalam manuskrip mushaf Al-Qur’an di Museum Kambang Putih Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1804026132_Asna_Nur_Fadhillah] Text (SKRIPSI_1804026132_Asna_Nur_Fadhillah)
1804026132_Asna Nur Fadlilah_Lengkap Tugas Akhir - Asna Nur Fadlilah(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kajian rasm dalam manuskrip mushaf al-Qur’an yang tersimpan di Museum Kambang Putih Tuban yang merupakan satu-satunya naskah mushaf al-Qur’an koleksi disana. Setiap manuskrip mushaf, khususnya wilayah Nusantara, memiliki karakteristik berbeda-beda karena setiap penulis atau penyalin mushaf mempunyai karakter penulisan yang berbeda, mulai dari tanda baca, tanda waqaf, rasm, dan sebagainya. Untuk itu, perlunya mengkaji manuskrip mushaf dengan kajian filologi guna mengetahui karakteristik dari segi isian/teks pada naskah tersebut.
Maka pada penelitian ini terbatas pada dua hal, yaitu bagaimana karakteristik dan juga bagaimana penggunaan rasm yang terdapat dalam manuskrip mushaf di Museum Kambang Putih. Tujuan dari penelitian ini guna menjawab persoalan mengenai karakteristik dan rasm apa yang digunakan pada manuskrip mushaf di Museum Kambang Putih Tuban.
Peneliti menggunakan jenis penelitian library research (studi kepustakaan) dengan model penelitian kualitatif yang bersifat analisis-deskriptif. Selain itu, dalam mengumpulkan data, peneliti juga melakukan studi lapangan dengan menggunakan 3 tahapan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bersumber pada data primer manuskrip/naskah kuno mushaf al-Qur’an Museum Kambang Putih dan data sekunder yang berupa berbagai literasi seperti buku, jurnal, tesis, skripsi, maupun artikel yang berkaitan dengan pembahasan tersebut. Data ini dikaji dengan pendekatan yang sesuai yakni ‘ulum al-Qur’an melalui tahapan penelitian filologi untuk mengungkap karakteristik dan penggunaan rasm dalam naskah kuno tersebut.
Adapun hasil yang didapat dalam penelitian ini ada dua jawaban, yaitu (1) karakteristik yang terdapat dalam mushaf Museum Kambang Putih yang berbahan Daluang abad ke-19 M ini terdiri dari perbedaan tanda baca penulisan harakat sukun dan harakat fatḥah antara mushaf standar Indonesia dengan mushaf Museum Kambang Putih, tanda waqaf, penyebutan nama, scholia (simbol-simbol) serta terdapat banyaknya jumlah corrupt naskah dan koreksi tulisan dalam naskah kuno tersebut. (2) rasm yang digunakan dalam naskah tersebut adalah rasm imla’i, meskipun dibeberapa bagian memakai rasm Usmani dan terkadang juga dalam satu ayat terjadi percampuran antara rasm imla’i dengan rasm Usmani. Akan tetapi jika dipersentasikan pada satu mushaf, mayoritas penulisannya menggunakan rasm imla’i/sesuai dengan pengucapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rasm; filologi; manuskrip mushaf; Museum Kambang Putih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:31
Last Modified: 14 Apr 2023 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics