Karakteristik naskah kitab Tafsir Al-Ayāt Al-Ahkām Kiai Abū Al-Faḍl Senori Tuban Jawa Timur: tinjauan kodikologi dan tekstolog

Hidayat, Sulton (2022) Karakteristik naskah kitab Tafsir Al-Ayāt Al-Ahkām Kiai Abū Al-Faḍl Senori Tuban Jawa Timur: tinjauan kodikologi dan tekstolog. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1904026053_Sulton_Hidayat] Text (SKRIPSI_1904026053_Sulton_Hidayat)
1904026053_Sulton Hidayat_Full Skripsi - Sulton Hidayat UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tafsir al-Ayāt al-Ahkām adalah sebuah naskah karya Kiai Abū al-Faḍl yang berasal dari Senori, Tuban, Jawa Timur. Tafsir ini memiliki corak fiqhi dan disusun sesuai dengan urutan bab seperti yang ada dalam kitab Fikih. Naskah ini berjumlah tiga naskah, satu naskah asli dan dua naskah salinan. Karakteristik antara satu naskah dengan naskah lainnya sudah tentu berbeda, di antaranya adalah ditemukannya catatan tambahan dari penyalin yang ditulis dan didapat langsung dari keterangan Kiai Abū al-Faḍl pada naskah salinan. Catatan-catatan ini peneliti sebut dengan gloss atau interlinear gloss.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik naskah Tafsir al-Ayāt al-Ahkām dalam tinjauan kodikologi dan bagaimana karakteristik naskah Tafsir al-Ayāt al-Ahkām dalam tinjauan tekstologi. Selain untuk mengetahui karakteristiknya, penelitian ini juga berusaha untuk mendeskripsikan dan mengkomparasikan antara dua naskah sehingga mendapatkan naskah yang utuh dan sempurna.
Pendekatan yang dipakai untuk mengetahui karakteristik Tafsir al-Ayāt al-Ahkām dalam skripsi ini adalah Filologi yang difokuskan pada kajian Kodikologi dan Tekstologi. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat library research dan menggunakan teknik deskriptif-analitik. Naskah yang dijadikan acuan adalah naskah Kitab Tafsir al-Ayāt al-Ahkām secara keseluruhan baik asli maupun salinan. Kemudian peneliti mendeskripsikan dan menganalisis kedua naskah secara bersamaan.
Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah Kitab Tafsir al-Ayāt al-Ahkām telah diajarkan oleh Kiai Abū al-Faḍl sejak tanggal 16 Desember 1971 sampai 1 September 1972. Naskah asli menggunakan bahasa Arab secara keseluruhan, adapun dalam naskah salinan dijumpai beberapa catatan tambahan menggunakan makna pegon. Naskah asli sekarang dimiliki oleh Kiai Minanurrohman (menantu Kiai Abū al-Faḍl) dan naskah salinan dimiliki oleh Kiai Mudjammik (murid Kiai Abū al-Faḍl). Kedua naskah masih dalam bentuk teks yang jelas dan dapat dibaca. Dari segi isi, kedua naskah memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling terlihat adalah adanya interlinear gloss dan gloss pada naskah salinan. Bentuk interlinear gloss adalah terjemahan per-teks dalam bahasa jawa dengan disertai rumus-rumus untuk memudahkan mengetahui kedudukan sebuah kalimat/teks dalam bahasa Arab. Adapun gloss adalah tambahan catatan yang dilakukan oleh penyalin dalam menguraikan lebih lanjut teks Tafsir al-Ayāt al-Ahkām. Tambahan-tambahan catatan penyalin ini merupakan keterangan Abū al-Faḍl secara lisan saat pengajaran berlangsung. Tambahan catatan ini peneliti sebut sebagai Tafsir bil lisan dari Kiai Abū al-Faḍl. Selain itu, corrupt juga dijumpai dalam beberapa teks, sehingga dapat dilakukan pembenahan teks naskah kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Naskah; tafsir al-Ayāt al-Ahkām; Kiai Abū al-Faḍl; kodikologi; tekstologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 15 Apr 2023 01:52
Last Modified: 15 Apr 2023 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics