Analisis sentimen kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdasarkan respon pengguna media sosial Twitter di Indonesia menggunakan metode naive bayes

Zidan, Muhammad (2022) Analisis sentimen kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdasarkan respon pengguna media sosial Twitter di Indonesia menggunakan metode naive bayes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908096025_Muhammad_Zidan] Text (Skripsi_1908096025_Muhammad_Zidan)
Skripsi_1908096025_Muhammad_Zidan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah Indonesia mengumumkan kebijakan kenaikan harga BBM sehingga memuat kotraversi masyarakat dan memicu pro dan kontra. Di era internet banyak sekali mengubah cara seseorang mengkespresikan pendapat, opini, tanggapan mereka melalui media sosial salah satunya twitter. Dalam penilitian ini analisis sentimen diterapkan untuk menganalisis sentimen dari respon pengguna media sosial twitter tentang kebijakan tersebut untuk dilakukan pengklasifikasian komentar yang didapatkan, apakah komentar tersebut bersifat positf, negatif dan netral.
Proses awal pada penelitian ini melakukan pengambilan data komentar twitter dengan kata kunci harga BBM. Selanjutnya tanggapan tersebut dilakukan proses text prepocessing dan pembobotan kata TFIDF (Term Frequency Inverse Documnet Frequency). Penelitian ini menggunakan metode naive bayes clasiffier dalam melakukan klasifikasi tanggapan dari media sosial twitter yang terbagi menjadi tiga kelas, yaitu positif, negatif dan netral.
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa hasil dari model naive bayes classifier didapatkan sentimen negatif memiliki nilai persentase tertinggi sebesar 53.8%, pada sentimen positif sebesar 37.1% serta pada sentimen netral sebesar 9.1%. Kemudian dilakukan split validation data dengan perbandingan data latih dan data uji sebesar 80:20 yang diambil secara acak. Sehingga didapatkan nilai performa dari model naive bayes dengan klasifikasi yang baik dengan tingkat akurasi sebesar 81%, presicion sebesar 83%, recall sebesar 81% dan f1 score sebesar 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen; Harga BBM; Media sosial; Twitter; Naive bayes
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Apr 2023 07:04
Last Modified: 15 Apr 2023 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics