Komparasi motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah melalui metode everyone is teacher here dan guided note taking

Safitri, Uli Nur and Khoiri, Nur and Hariz, Anif Rizqianti (2020) Komparasi motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah melalui metode everyone is teacher here dan guided note taking. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (1). pp. 12-18. ISSN 2714-8009 (print); 2715-7490 (online)

[thumbnail of Komparasi motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan] Text (Komparasi motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan)
Komposisi_Motivasi_Belajar_Siswa-Bio edu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (283kB)
Official URL: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA...

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar yang mempengaruhi peserta didik dalam kegiatan belajar. Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Dalam setiap pembelajaran siswa terkadang tidak selalu semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking dan Menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa melalui metode everyone is teacher here lebih tinggi dibanding metode guided note taking. Berdasarkan analisis uji t diketahui t hitung sebesar 2.3315 dan t tabel 1,666. Sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung > ttabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel Jurnal (Journal Articles)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:23
Last Modified: 18 Apr 2023 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics