Laporan penelitian individual : profil kreativitas saintifik mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo

Fadllan, Andi (2016) Laporan penelitian individual : profil kreativitas saintifik mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo. Project Report. Fakultas Sains Dan Teknologi, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of 2016_ANDI_FADLLAN_LAPORAN_PENELITIAN] Text (2016_ANDI_FADLLAN_LAPORAN_PENELITIAN)
2016_Laporan Penelitian PROFIL KREATIVITAS SAINTIFIK MAHASISWA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kreativitas saintifik mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo ditinjau berdasarkan jurusan atau program studi dan jenis kelamin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya mahasiswa sebagai pemimpin di masa depan memiliki keterampilan berpikir kreatif guna menghadapi tantangan kompetisi abad ke-21
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui tes kreativitas saintifik yang diadopsi dari Aktamis et al. (2005) yang merupakan hasil kombinasi dari Torrance’s Test of Creative Thinking (TTCT) dan Scientific Creativity Structure Model (SCSM). Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menghitung skor rata-rata kreativitas saintifik yang kemudian dikonversi ke dalam data kualitatif untuk menentukan kategori tingkat kreativitas saintifik. Selanjutnya data disajikan berdasarkan jurusan atau program studi dan jenis kelamin responden sebagai profil kreativitas saintifik responden.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, skor rata-rata hasil tes kreativitas saintifik mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo adalah 43,25 dengan standar deviasi 13,20. Persentase responden yang termasuk ke dalam tingkat Kreatif (K) dan Sangat Kreatif (SK) sebesar 9,12% dari seluruh sampel penelitian. Ditinjau berdasarkan latar belakang jurusan atau program studi responden, mahasiswa Pendidikan Biologi memiliki skor rata-rata kreativitas saintifik tertinggi, yaitu 52,08 dengan standar deviasi 16,77. Sedangkan skor rata-rata kreativitas saintifik terendah diperoleh oleh mahasiswa jurusan atau program studi Pendidikan Fisika, yakni 37,29 dengan standar deviasi 12,00. Sedangkan ditinjau berdasarkan jenis kelamin responden, skor rata-rata hasil tes kreativitas saintifik mahasiswa perempuan sedikit lebih baik daripada mahasiswa laki-laki, yakni 43,34 dibanding 43,01 dengan standar deviasi kelompok mahasiswa perempuan lebih besar sedikit daripada kelompok laki-laki. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kreativitas saintifik yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keativitas Saintifik; Jurusan/Program Studi; Jenis Kelamin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 05 May 2023 01:05
Last Modified: 05 May 2023 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics