Pemasaran produk umrah melalui internet marketing PT Patuna Mekar Jaya Semarang

Nugrahanto, Riyandi (2022) Pemasaran produk umrah melalui internet marketing PT Patuna Mekar Jaya Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701056021_Riyandi_Nugrahanto] Text (SKRIPSI_1701056021_Riyandi_Nugrahanto)
1701056021_Riyandi Nugrahanto_Full Sripsi - YANDI 103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan banyaknya pengguna teknologi internet pada saat ini memberikan peluang bagi para pembisnis untuk melakukan pemasaran melalui internet marketing. Seiring besarnya minat keinginan umat islam di Indonesia untuk melaksanakan ibadah. Para biro perjalanan ibadah umroh melakukan modifikasi pemasaran untuk menarik minat jamaah untuk menggunakan jasa pelayanan tersebut. Salah satunya PT Patuna Mekar Jaya Tour & Travel menggunakan Internet marketing sebagai alat pemasaran yang dianggap praktis.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagai mana penerapan pemasaran Internet marketing dalam memasarkan produk umroh pada PT Patuna Mekar Jaya Tour & Travel. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui cara pemasaran menggunakan internet marketing yang digunakan untuk memasarkan paket umroh yang mereka miliki.

Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif yang berupa ungkapan lisan dan tulisan dari pelaku yang diamati. Dalam hal ini peneliti mengamati langsung subjek yang diteliti dengan melakukan wawancara terhadap pihak-pihak yang bersangkutan, khususnya bagian internet marketing PT Patuna Mekar Jaya Tour & Travel serta buku dan jurnal yang menunjang kelengkapan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Patuna Mekar Jaya Tour & Travel memiliki beberapa sosial media untuk memasarkan berbagai produk umrohnya diantaranya melalui instagram, facebook, website, dan whatsapp. Dari beberapa media pemasaran yang efektif sering dikunjugi calon jamaah adalah media website setelah memilih produk di web akan langsung terhubung oleh admin di whatsapp.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; internet marketing; umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 May 2023 01:35
Last Modified: 06 May 2023 01:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics