Hubungan kecerdasan spiritual dengan expressed emotion pada caregiver di Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo Semarang

Rokhimah, Aflaha Lutfiatul (2022) Hubungan kecerdasan spiritual dengan expressed emotion pada caregiver di Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046012_Aflaha Lutfiatul Rokhimah_Lengkap] Text (Skripsi_1804046012_Aflaha Lutfiatul Rokhimah_Lengkap)
1804046012_Aflaha Lutfiatul Rokhimah_Full_Skripsi - Aflaha Lutfiatul Rokhimah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Caregiver merupakan orang yang membantu pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menjadi caregiver dari pasien dengan gangguan jiwa bukan hal mudah, karena seringkali dihadapkan dengan perilaku agresif pasien, stress akibat regulasi emosi yang rendah serta beban kerja yang berlebih, yang pada akhirnya dapat menyebabkan expressed emotion. Expressed emotion merupakan bentuk emosi berupa komentar kritik, sikap permusuhan dan keterlibatan emosi yang berlebih yang diekspresikan oleh caregiver terhadap pasien. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai. Individu yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi memiliki kontrol emosi dan kemampuan regulasi emosi yang baik, serta mampu mengelola stress.
Judul penelitian ini adalah “Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Expressed Emotion Terhadap Caregiver di Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kecerdasan spiritual dengan expressed emotion pada caregiver di Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo Semarang. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah caregiver Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, semua populasi dijadikan sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi spearman rank dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi dalam uji korelasi antara kecerdasan spiritual dan expressed emotion sebesar 0.012 < 0,05. Sedangkan nilai korelasinya adalah -0,552. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yakni terdapat hubungan negatif yang kuat antara kecerdasan spiritual dengan expressed emotion pada caregiver di Panti Rehabilitasi Sosial Among Jiwo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; Expressed emotion; Caregiver
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 May 2023 01:59
Last Modified: 06 May 2023 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19839

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics