Kajian eksploratif “Film Boys Love Series” dan pengaruhnya terhadap perkembangan LGBT Indonesia

Saputri, Monika Imay Rady (2022) Kajian eksploratif “Film Boys Love Series” dan pengaruhnya terhadap perkembangan LGBT Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046034_Monika Imay Rady Saputri_Lengkap] Text (Skripsi_1804046034_Monika Imay Rady Saputri_Lengkap)
1804046034_Monika Imay Rady Saputri_Full_Skripsi - Monika Imay Rady Saputri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kajian eksploratif “film boys love series” dan pengaruhnya terhadap perkembangan LGBT Indonesia. Selanjutnya yang dikaji ialah (1) bagaimana fenomena film boys love series, (2) bagaimana perkembangan LGBT di Indonesia, dan (3) bagaimana pengaruh film boys love series terhadap perkembangan LGBT di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian ekploratif yang dilakukan dengan review beberapa film boys love series yang berasal dari Thailand, mereview video dari ahli agama dan juga ahli seksologi tentang LGBT, serta melakukan wawancara kepada empat orang informan yang merupakan fujoshi dan fudanshi yang berorientasi heteroseksual dan homoseksual.
Hasil menunjukkan bahwa film boys love series menjadi salah satu budaya modern yang berpotensi dapat menggeser nilai dan norma tentang LGBT dengan maraknya komunitas fujoshi dan fudanshi yang tentunya hal ini juga dibarengi dengan adanya media sosial yang dapat lebih mudah mempromosikan film boys love series ini di Indonesia. Selanjutnya, LGBT Indonesia memiliki ruang tersendiri dari zaman dahulu hingga sekarang yang tidak banyak diketahui masyarakat umum, LGBT Indonesia banyak yang memilih mencari kehidupan baru diluar negeri demi melegalkan hubungannya dengan pasangannya.
Saat ini, LGBT Indonesia lebih aktif menjadi influencer di berbagai media sosial dengan mencari kesetaraan dan kesejahteraan LGBT dan sekaligus meraup pundi-pundi rupiah. Serta, adanya pengaruh boys love series terhadap perkembangan LGBT Indonesia mulai dari keberanian mengekspresikan diri untuk coming out di hadapan khalayak umum, boys love series juga menjadi salah satu upaya kampanye LGBT yang dapt menarik seseorang untuk lebih memiliki pikiran yang terbuka tentang LGBT tanpa menghakimi secara berlebihan dan jika dikaji dalam Islam Taubat seharusnya dilakukan oleh pelaku LGBT dan fujoshi serta fudanshi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Boys love; Fujoshi; Fudanshi; LGBT Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 May 2023 02:14
Last Modified: 06 May 2023 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics