Kontribusi K.H. A. WAHID HASYIM dalam reformasi penyelenggaraan haji Indonesia Kontribusi K.H. A. WAHID HASYIM dalam reformasi penyelenggaraan haji Indonesia

Rofikoh, Hanik (2022) Kontribusi K.H. A. WAHID HASYIM dalam reformasi penyelenggaraan haji Indonesia Kontribusi K.H. A. WAHID HASYIM dalam reformasi penyelenggaraan haji Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901056002_Hanik_Rofikoh] Text (SKRIPSI_1901056002_Hanik_Rofikoh)
1901056002_Hanik Rofikoh_Skripsi Lengkap1 - Hanik Rofikoh UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Studi ini hadir untuk mengetahui kontribusi K.H. A. Wahid Hasyim khususnya bidang haji. Beliau dijuluki sebagai Bapak Haji Modern Indonesia, karena kontribusi beliau dalam bidang reformasi penyelenggaran haji Indonesia. Salah satu kontribusi beliau dalam penyelenggaraan haji Indonesia adalah orang yang pertama kali menyusun sistem pemberangkatan haji secara resmi oleh Pemerintah Indonesia sejak menyatakan diri merdeka. Serta menghentikan keterliban swasta dalam penanganan penyelenggaraan haji (Keppres No.53 Tahun 1951).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi K.H. A. Wahid Hasyim dalam reformasi penyelenggaraan haji Indonesia. Metode penelitian ini menggukan metode deskriptif eksplanatif. Teknik analisis data dengan kritik ekstern (otentisitas), kritik intern (kredibilitas), interprestasi (penafsiran), dan historiografi (pemaparan atau hasil penelitian).
Hasil Penelitian ini bahwasanya Kontribusi K.H. A. Wahid Hasyim sangat banyak untuk reformasi penyelenggaran haji Indonesia, diantaranya misi “Goodwill Mission, mendirikan Yayasan PHI, mengatur urusan haji, menghentikan keterlibatan swasta dalam penyelenggaraan haji Indonesia, mengkoordinasikan haji dengan baik, menetapkan peraturan Menteri Agama No. 31 Tahun 1952 (urusan haji dipegang Kementerian Agama), menjalin kerjasama dengan kementerian kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: K.H. A. Wahid Hasyim; haji Indonesia; PHI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 May 2023 02:23
Last Modified: 06 May 2023 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics