Penerapan nilai qona’ah untuk membangun penerimaan diri anak remaja yang tinggal di Panti Asuhan Ya Fatimah Tayu Pati

Sumiah, Sumiah (2022) Penerapan nilai qona’ah untuk membangun penerimaan diri anak remaja yang tinggal di Panti Asuhan Ya Fatimah Tayu Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046036_Sumiah_Lengkap] Text (Skripsi_1804046036_Sumiah_Lengkap)
1804046036_Sumiah_Lengkap Tugas Akhir - Sumiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan nilai qona'ah ialah salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan oleh Panti Asuhan Ya Fatimah Tayu Pati dalam rangka membangun penerimaan diri bagi anak-anak remaja yang tinggal di Panti Asuhan. Penerapan nilai qona'ah dilakukan oleh Panti Asuhan dengan tujuan membangun penerimaan diri untuk anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan. Anak asuh remaja yang tinggal di panti asuhan Ya Fatimah wajib menerima statusnya dan kenyataanbahwasannya mereka hidup di panti asuhan, jauh dari sanak saudara, dan berada di panti asuhan umumnya dianggap suatu hal yang menyedihkan oleh masyarakat. Menerima keseharian yang monoton, gaya hidup yang berbeda dari remaja lain yang hidup dengan sanak saudara, pakaian yang berbeda dari remaja lain di luar panti asuhan, serta kurangnya fasilitas pribadi menjadi tantangan tersendiri.Agar anak asuh dapat dengan baik bersosialisasi, beradaptasi dengan lingkungan di mana meraka tinggal, menjalanirutinitas dengan baik, serta menikmati hidupnya, mereka harus mampu menerapkan nilai-nilai qona'ah agar memiliki sikap penerimaan diri (self acceptance) yang baik dari dalam dirinya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana gambaran penerapan nilai qona'ah dan gambaran penerimaan diri anak remaja yang tinggal di Panti Asuhan Ya Fatimah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian kualitatif ini ialahanak remaja yang tinggal di Panti Asuhan Ya Fatimah Tayu Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data lapangan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan nilai-nilai qona'ah untuk membangun penerimaan diri di kalangan remaja yang tinggal di Panti Asuhan Ya Fatimah Tayu Pati antara lain yakni, menerima dengan rela apa yang ada, memohon kepada Tuhan tambahan yang pantas dan berusaha, menerima dengan sabar akan ketentuan Tuhan, Bertawakal kepada Tuhan, Tidak tertarik oleh tipu daya manusia. Anak remaja yang tinggal di Panti asuhan Ya Fatimah memiliki penerimaan diri yang baik antara lain yakni, Kerelaan untuk membuka atau mengungkapkan aneka pikiran, perasaan, dan reaksi kita terhadap orang lain, kesehatan psikologis, penerimaan terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai qona’ah; Anak asuh; Penerimaan diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 May 2023 02:27
Last Modified: 06 May 2023 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics