Pengaruh model pembelajaran index card match terhadap keaktifan dan daya ingat siswa pada materi virus SMA Negeri 1 Limbangan

Sutiroh, Sutiroh (2022) Pengaruh model pembelajaran index card match terhadap keaktifan dan daya ingat siswa pada materi virus SMA Negeri 1 Limbangan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1608086014_SUTIROH] Text (SKRIPSI_1608086014_SUTIROH)
1608086014_SUTIROH_LENGKAP - SUTIROH UIN Walisongo.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Keaktifan belajar sangat penting dalam proses pembelajaran, keaktifan membawa Siswa pada perubahan tingkah laku yang positif. Daya ingat merupakan rangkaian pengalaman belajar yang tersimpan di dalam memori. Model pembelajaran Index Card Match merupakan model yang tepat untuk meningkatkan keaktifan Siswa dan juga daya ingat Siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan dan daya ingat Siswa pada Materi Virus. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Group Design yang berbentuk pre test- post test control group desain. Sampel penelitian ini adalah Siswa kelas X.5 (eksperimen) dan Siswa Kelas X.6 (Kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil perhitungan uji t, diperoleh nilai signifikansi 0,000 artinya nilai signifikansi < 0,005 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa keaktifan belajar kelas eksperimen 0,71 masuk kedalam kategori Tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai N Gain 0,45 masuk kedalam kategori sedang. Perhitungan N Gain daya ingat kelas eksperimen adalah 0,60 masuk kedalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,29 masuk kedalam kategori rendah. Model Pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap keaktifan dan daya ingat Siswa pada materi virus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daya Ingat; Index Card Match; Keaktifan belajar; Virus
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 May 2023 03:39
Last Modified: 06 May 2023 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics