Penerapan unity of science pada rumpun keilmuan bimbingan konseling di Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Karenina, Dinda (2022) Penerapan unity of science pada rumpun keilmuan bimbingan konseling di Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016001_Dinda_Karenina] Text (SKRIPSI_1601016001_Dinda_Karenina)
Skripsi_Dinda Karenina_1601016001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sekulerisme telah membuat sains sangat jauh dari kemungkinan untuk didekati melalui kajian agama. Proses dialog anatara ilmu keislaman dengan sains merupakan sebuah keharusan. Beberapa dekade yang lalu, proses dialog tersebut memunculkan wacana islamisasi ilmu pengetahuan yang digagas oleh Naquib al-Attas, Ziauddin Sardar, Ismail Raji Al-Faruqi dan Fazlur Rahman. Kemunculan ide islamisasi ilmu tersebut tidak lepas dari ketimpangan-ketimpangan yang merupakan akibat langsung keterpisahaan antara sains dan agama.. Bagi UIN Walisongo istilah kesatuan ilmu unity of sciences (Wahdat al-ulum) memiliki makna yang khas. Istilah ini telah disepakati menjadi paradigma yang dianut institusi ini.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan bagaimana penerapan unity of science dalam mata kuliah Bimbingan Konseling Islam Di UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis studi kepustakaan (library research) yaitu penelitian melalui riset kepustakaan untuk mengkaji sumber-sumber tertulis baik yang telah dipublikasikan atau belum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yaitu mengumpulkan deskripsi-deskripsi dan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh ahli-ahli dibidang yang sesuai dengan topik penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi Unity Of Sciences merupakan pembelajaran yang mengaitkan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai keagamaan, lingkungan sekitar dan kehidupan sosial, serta kebudayaan yang ada dalam masyarakat indikator untuk mengembangkan Unity Of Science dalam kurikulum.
Humanisasi yang dimaksud adalah mengkonstruksi ilmu-ilmu keislaman agar semakin menyentuh dan memberi solusi bagi persoalan nyata kehidupan manusia Indonesia. Strategi humanisasi ilmu-ilmu keislaman mencakup segala upaya untuk memadukan nilai universal Islam dengan ilmu pengetahuan modern guna peningkatan kualitas hidup dan peradaban manusia. Strategi penerapan humanisasi dalam rumpun bimbingan konseling masuk kedalam mata kuliah konseling populasi khusus, konseling individu. Spiritualisasi ilmu pengetahuan adalah memberikan pijakan nilai-nilai ketuhanan (Ilahiyah) dan etika terhadap ilmu-ilmu sekuler untuk memastikan bahwa pada dasarnya semua ilmu berorientasi pada peningkatan kualitas/keberlangsungan hidup manusia dan alam semesta, bukan penistaan/perusakan keduanya.
Spiritualitas ilmu-ilmu meliputi segala upaya membangun ilmu pengetahuan baru yang didasarkan pada kesadaran kesatuan ilmu yang kesemuanya bersumber ayat-ayat Allah baik yang diperoleh melalui nabi, eksplorasi akal, dan eksplorasi alam. Strategi penerapan spritualisasi masuk kedalam mata kuliah media dan konseling, pemahaman tingkah laku.
Revitalisasi local wisdom adalah penguatan kembali ajaran-ajaran luhur bangsa. Strategi local wisdom terdiri dari semua usaha untuk tetap setia pada ajaran luhur budaya lokal dan pengembangannya guna penguatan karakter bangsa. Strategi pengembangan Unity Of Sciences, dapat diartikan bahwa pembelajaran Unity Of Sciences adalah pembelajaran yang mengaitkan ilmu pengetahuan umum dengan nilainilai keagamaan, lingkungan sekitar dan kehidupan sosial, serta kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Strategi penerapan local wisdom kedalam mata kuliah konseling lintas budaya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Unity of Science; Bimbingan Konseling; Humanisasi; spritualisasi; Local Wisdom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 May 2023 03:22
Last Modified: 13 May 2023 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics