Dukungan sosial pasangan dalam menyelesaikan studi mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah menikah (analisis bimbingan dan konseling keluarga Islam)

Rofiqoh, Elok (2022) Dukungan sosial pasangan dalam menyelesaikan studi mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah menikah (analisis bimbingan dan konseling keluarga Islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016051_Elok_Rofiqoh_Skripsi] Text (1601016051_Elok_Rofiqoh_Skripsi)
1601016051_Elok Rofiqoh_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (901kB)

Abstract

Elok Rofiqoh (1601016051). Dukungan Sosial Pasangan dalam Menyelesaikan Studi Mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah Menikah (Analisis Bimbingan Konseling Keluarga Islam)
Dukungan sosial dari pasangan dalam menyelesaikan studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah menikah. Mahasiswa membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya seperti orang tua, pasangan, dan kerabat karena kondisi yang menekan seperti ini dapat memicu stress, ketegangan dan kecemasan.Dukungan sosial yang positif dari orang terdekat dapat membantu individu menghadapi tuntutan belajarnya dan dapat menjadi pembangkit motivasi belajar. Bentuk dari dukungan sosial pasangan dalam penelitian ini meliputi emotional support, esteem support, intrumental support dan informational support.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah menikah dan pasangan dari mahasiswa tersebut. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah berupa google form dan artikel. Keabsahan data dilakukan pada pengambilan data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, triangulasinya dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif yaitu: pengumpulan data, reduksi data serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, bentuk dukungan sosial dari pasangan dalam menyelesaikan studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang telah menikah tidak hanya sekedar memberikan motivasi semangat juga rasa kasih sayang sebagai pengentasan permasalahan yang dialami oleh mahasiswa sehingga membawa dampak positif oleh pasangan dalam proses penyelesaian studinya melainkan dukungan diberikan dapat berupa dukungan secara materiil yautu pemberian dukungan secara langsung seperti dengan pemberian sandang pangan papan serta biaya kehidupan sehari hari hingga biaya kuliah, dukungan sosial yang diberikan pasangan tidak selalu mendapat timbal balik yang baik, tidak adanya motivasi dalam diri individu membuat bantuan berupa dukungan dari pasangan tidak dihiraukan yang membuat proses penyelesaian studinya terhambat. Kedua, analisis bimbingan dan konseling keluarga islam terkait dengan dukungan sosial dari pasangan merupakan arahan serta sarana untuk membantu mahasiswa yang telah menikah agar mampu menyelesaikan studinya dengan baik, dan sebagai upaya pemecahan masalah mahasiswa uin walisongo yang telah menikah dilakukan oleh pasangan dengan cara yang semaksimal mungkin guna kelancaran mahasiswa dalam menyelesaikan studinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Pasangan; Studi; Bimbingan dan Konseling; Keluarga Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 May 2023 04:33
Last Modified: 13 May 2023 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics