Pelestarian dan transmisi ajaran Sunan Kudus di masyarakat Kudus Kulon

Fauzi, Moh. and Maarif, Syamsul and Adzfar, Zainul (2015) Pelestarian dan transmisi ajaran Sunan Kudus di masyarakat Kudus Kulon. Project Report. LP2M UIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Penelitian Kolektif Sosial Keagamaan] Text (Laporan Penelitian Kolektif Sosial Keagamaan)
Fauzi-Laporan Penelitian_Sunan Kudus_2015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (832kB)

Abstract

Ja’far Shodiq (Sunan Kudus) merupakan salah satu Wali Songo yang mengajarkan ajaran tepo seliro dalam memandang kemajemukan budaya dan agama dalam masyarakat. Penelitian ini penting untuk dilakukan dalam menghadapi keinginan sekelompok masyarakat yang menggunakan kekerasan dan bersikap intoleran dalam menyikapi pluralitas masyarakat. Penelitian ini mengfokuskan pada pelestarian dan transmisi ajaran Sunan Kudus bagi masyarakat, khususnya di Kudus Kulon. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan pendekatan historis dan deskriptif. Pendekatan historis dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi dan menyintesiskan bukti untuk menetapkan fakta dengan tujuan untuk merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan objektif. Sedangkan pendekatan deskriptif untuk melukiskan secara sistematis bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat serta dengan interpretasi yang tepat. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- analitis, yakni mengklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisis (content analysis), membandingkan data yang satu dengan lainnya, kemudian menginterpretasikan kemudian menyimpulkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada langkah konkrit yang terstruktur dan terprogram untuk meneruskan dan mentransmisikan ajaran Sunan Kudus. Langkah yang sudah dilakukan agar masyarakat lebih dekat dengan Sunan Kudus adalah dengan mempertahankan bentuk dan model bangunan sebagaimana yang dahulu dibangun Sunan Kudus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pelestarian; Transmisi; Ajaran; Sunan Kudus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 May 2023 03:45
Last Modified: 25 May 2023 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics