Pengaruh digital marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia

Idris, Fahmi (2022) Pengaruh digital marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805056008_Fahmi Idris.pdf] Text (Skripsi_1805056008_Fahmi Idris.pdf)
Skripsi_1805056008_Fahmi Idris.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam memperoleh berbagai jenis informasi, ketersediaan akses internet yang mudah memungkinkan orang untuk mencari informasi dan mengetahui apa yang dibutuhkan. Pergesaran strategi bisnis dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital yang mengubah kegiatan jual beli produk komersial dari toko fisik ke media online, perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Perkembangan sistem penjualan online yang terus berkembang di Indonesia memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencari berbagai produk, dengan kemudahan layanan media online sangat membantu konsumen dapat melakukan transaksi pembelian yang mudah, dari mulai pemesanan produk yang dicari sampai proses transaksi pembayaran produk yang akan dibeli. Terdapat beberapa jenis layanan di Indonesia seperti halnya online shop, e-commerce, dan marketplace seperti Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah digital marketing dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 100 orang responden pengguna marketplace Tokopedia pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel digital marketing dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace Tokopedia pada mahasiswa FEBI UIN Waliosngo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital marketing; Electronic word of mouth; Keputusan pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:11
Last Modified: 24 Jun 2023 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics