Pengaruh kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet GoPay: studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo

Prayogo, Dama Aziiz (2022) Pengaruh kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet GoPay: studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805056014_Dama Aziiz Prayogo] Text (Skripsi_1805056014_Dama Aziiz Prayogo)
Skripsi_1805056014_Dama Aziiz Prayogo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Teknologi di era saat ini berkembang sangat pesat, dan internet menjadi salah satu penyebab perubahan dan perkembangan teknologi dan industri. Uang elektronik (e-money) adalah salah satu perubahan dan perkembangan teknologi dibidang keuangan. GoPay adalah layanan e-money yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan membagikan kuisioner dan menggunakan skala likert. Faktor-faktor yang dianggap berpengaruh adalah presepsi kemanfaatan, kemudahan penggunaan, dan promosi. Dengan menggunakan analisis regresi logistik biner (logit) penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan pembayaran digital GoPay adalah persepsi kemanfaatan, kemudahan penggunaan dan promosi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang lebih beragam terkait penggunaan uang elektronik (e-wallet) di era digital masa kini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Uang Elektronik; e-money; Digital Payment; GoPay; Presepsi Kemanfaatan; Presepsi Kemudahan; Promosi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:09
Last Modified: 24 Jun 2023 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics