Bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan Psychological well-being pada lansia di Wisma Lansia Husnul Khatimah Aisyiyah Gunungpati Semarang

Wardani, Yunita Indah (2022) Bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan Psychological well-being pada lansia di Wisma Lansia Husnul Khatimah Aisyiyah Gunungpati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701016145_YUNITA_INDAH_WARDANI_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1701016145_YUNITA_INDAH_WARDANI_SKRIPSI_LENGKAP)
1701016145-yunita indah wardani-lengkap tugas akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Yunita Indah Wardani. NIM 1701016145. Bimbingan Rohani Islam Dalam Meningkatkan Psychological Well-Being Pada Lansia Di Wisma Lansia Husnul Khatimah Aisyiyah Gunungpati Semarang.
Problemaika pada lansia mengalami perubahan secara fisik, psikis, dan sosial dalam hidup nya, serta mengalami kesepian. Beberapa perubahan pada lansia dapat memicu stres yang berdampak pada kesehatan fisik. Kondisi lansia seperti ini membutuhkan ketenangan atau kesejahteraan dalam jiwa nya. Maka, di perlukannya bimbingan rohani Islam guna mencapai spiritualitas yang baik pada diri lansia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesejahteraan lansia dan bagaimana proses pelaksanaan bimbingan rohani untuk meningkatkan PWB pada lansia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kondisi PWB pada lansia yaitu adanya perubahan dan penurunan yang terjadi pada fisik, psikis, maupun sosial dalam kehidupan nya, serta mengalami kesepian yang dapat memicu stres, dan berdampak pada kesehatan fisik. Sehingga yang mereka butuhkan saat ini adalah ketenangan atau kesejahteraan dalam jiwa nya. 2) Bimbingan rohani Islam dapat meningkatkan kesejahteraan, terdapat bentuk pelaksanaan yang di lakukan pembimbing rohani yakni berupa: memberikan sentuhan rohani melalui kegiatan ibadah, mengaji, berdzikir, dan mendengarkan tausiyah, serta memberikan dukungan dan menemani nya dengan mengajak nya bercerita dan menjadi pendengar yang baik agar mereka tidak merasa kesepian. Pelaksanaan bimbingan rohani tersebut diketahui dapat meningkatkan PWB pada lansia, hal ini dapat dilihat dari berbagai perkembangan yang menggambarkan bahwa diri nya sejahtera dari yang sebelumnya. Peningkatan yang menggambarkan kesejahteraan tersebut ialah mampu menerima keadaan dirinya, mengaktualisasi dan melakukan perbaikan diri dalam hidupnya, berserah diri pada Allah, menjaga silaturahmi, dan mampu memilih lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dirinya di masa tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Psychological Well-Being; Lansia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:01
Last Modified: 15 Jul 2023 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics