Efektivitas tugas dan fungsi UPZ dalam kelembagaan di BAZNAS Kabupaten Demak

Musfiah, Hanun Ulil (2022) Efektivitas tugas dan fungsi UPZ dalam kelembagaan di BAZNAS Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036165_HANUN_ULIL_MUSFIAH] Text (Skripsi_1801036165_HANUN_ULIL_MUSFIAH)
THESIS_1801036165_HANUN_ULIL_MUSFIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Hanun Ulil Musfiah (1801036165) dengan judul Efektivitas Tugas dan Fungsi UPZ dalam Kelembagaan di BAZNAS Kabupaten Demak, Program Strata Satu (S1) Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh keefektivitas UPZ di Kabupaten Demak. Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan dan hasil yang semakin mendekati sasaran berarti semakin tinggi efektivitasnya. Dalam proses mengukur efektif tidaknya penulis menilai dari pelaksanaan tugas dan fungsi UPZ. Dalam pengukuran efektifitas UPZ peneliti menggunakan teori dari Richard M. Steers yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas fungsi UPZ dalam Kelembagaan di BAZNAS Kabupaten Demak dan bertujuan untuk mengathui Kedudukan UPZ dalam Kelembagaan BAZNAS Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk memperoleh data yang diperlukan peneliti yaitu menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan menggunakan metode dokumentasi. Kemudian teknik pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Kabupaten Demak belum efektif karena minimnya inovasi dalam sosialisasi dan masih banyak yang belum melakukan tugas dan fungsinya dengan sebagai pengurus, UPZ banyak yang tidak membuat RKAT dan tidak membuat laporan untuk disetorkan kepada BAZNAS Kabupaten Demak. Kedudukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) sangat penting, karena menjadi tangan panjangnya BAZNAS dalam membantu pengumpulan dan pendistrisbusian dana ZIS di Kabupaten Demak, meskipun dalam melakukan tugas dan fungsinya belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BAZNAS; Kelembagaan; Pengelolaan zakat; UPZ
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Peter Ipung
Date Deposited: 29 Jun 2023 15:26
Last Modified: 29 Jun 2023 15:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics