Analisis semiotika pada istilah good looking dalam perspektif Islam

Febriani, Dwi Mesti (2022) Analisis semiotika pada istilah good looking dalam perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704001084_DWI_MESTI_FEBRIANI] Text (Skripsi_1704001084_DWI_MESTI_FEBRIANI)
Skripsi_1704001084_DWI_MESTI_FEBRIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penampilan menarik yang memanjakan mata menjadi perhatian utama dan dianggap sebagai ciri khas orang-orang yang termasuk ke dalam golongan previlege ini. Istilah good looking sering diberikan kepada orang yang dianggap menarik, baik penampilan, atau paras cantik dan terawat. Hal ini bertentangan dengan good looking dari perspektif Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini akan menguraikan. Bagaimana tinjauan semiotika terhadap istilah good looking pada video “Yang Menyebalkan dari Beauty Privilege” YouTube Tirto.id, dan bagaimana perspektifnya dalam Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui tinjauan semiotika terhadap istilah good looking pada video “Yang Menyebalkan dari Beauty Privilege” YouTube Tirto.id dan perspektifnya dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, hasil analisis terhadap konten diatas bahwa istilah good looking merupakan wacana sosial berupa fenomena linguistik yang dapat dianalisa menggunakan imu penandaan atau semiotika yang mencakup simbol-simbol yang berfungsi terutama dalam sistem nonlinguistik pada konteksnya. Kedua, istilah good looking dalam perspektif Islam yang menyangkut pola etika dan estetika seseorang yang dianjurkan dalam Islam bagi setiap muslim dan muslimah agar berpenampilan sesuai syari’at Islam, dengan meniru sosok Rasulullah sebagai ikon umat muslim yang memiliki kepribadian, penampilan dan paras yang good looking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good Looking; Semiotika; Filsafat Islam; Privilege; Konten YouTube Tirto.id.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:11
Last Modified: 06 Jul 2023 10:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics