Makna simbolisasi dalam roman "Metamorfosis" Franz Kafka : analisis semiotika Roland Barthes

Sari, Zulia Ratna (2022) Makna simbolisasi dalam roman "Metamorfosis" Franz Kafka : analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016034_Zulia_Ratna_Sari] Text (Skripsi_1804016034_Zulia_Ratna_Sari)
Skripsi_1804016034_Zulia_Ratna_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berisi mengenai makna simbolisasi yang terdapat pada roman Metamorfosis karya Franz Kafka menggunakaan kajian analisis semiotika Roland Barthes yang berfokus pada modernitas. Permasalahan pada modernitas ini tidak hanya terdapat pada riil masyarakat saja. Namun juga terdapat di karya tulis. Karya tulis, termasuk roman, adalah tiruan dari kehidupan nyata alam semesta. Dalam karya sastra biasanya penulis atau pengarang menyampaikan gagasan mengenai karyanya secara tidak langsung. Permasalan yang dibahas dalam penelitian ini antaranya (1) Bagaimana makna simbolisasi yang terdapat pada roman Metamorfosis karya Franz Kafka dalam analisis semiotika Roland Barthes? (2) Bagaimana wacana modenitas dalam roman Metamorfosis karya Franz Kafka?
Peneliti tertarik dengan permasalahan tersebut, sehingga mencoba menganalisis makna simbolnya menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan wacana modernitas apa saja yang ada di dalam roman Metamorfosis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, untuk metode pengumpulan data yaitu dengan cara membaca secara berulang-ulang dan cermat untuk menemukan data terkait yang terkandung pada roman Metamorfosis. Semua data yang relevan dianalisis atau dikaji secara mendalam. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut (1) simbol-simbol yang terdapat di roman Metamorfosis Franz Kafka, diantaranya adalah: Simbol kecoa besar diartikan sebagai manifestasi keterasingan. Simbol perbedaan antara realitas mimpi dan nyata diartikan sebagai keterasingan hidup di zaman modern. Simbol ketidakmampuan bersosial. Simbol praktik kapitalisme. Simbol keluarga hanya memikirkan uang diartikan sebagai materialis. Simbol absurd. Sombol kecoa mati/tokoh utama mati diartikan sebagai akhir dari keterasingan manusia modern. (2) wacana yang terdapat di roman metamorfisis antaranya praktik kapitalisme, krisis humanisme, krisis lingkungan, dan keterasingan atau alienasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Simbolisasi; Semiotika; Roland Barthes; Metamorfosis; Franz Kafka
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:34
Last Modified: 07 Jul 2023 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics