Aqidah Syaikh Abdul Qodir dalam kitab al-Lujain ad-Dani karya Syaikh Ja’far al-Barzanji

Dzulqornain, Muhammad Ishomuddin (2022) Aqidah Syaikh Abdul Qodir dalam kitab al-Lujain ad-Dani karya Syaikh Ja’far al-Barzanji. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016101_Muhammad_Ishomuddin_Dzulqornain] Text (Skripsi_1804016101_Muhammad_Ishomuddin_Dzulqornain)
Skripsi_1804016101_Muhammad_Ishomuddin_Dzulqornain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Aqidah adalah sebuah bentuk kepercayaan yang sangat kokoh untuk umat muslim yang mempercainya dan harus sesuai dengan kenyataan yang ada dan tidak di buat-buat, tidak memliki kebimbangan akan keyakinannya sendiri, dari pengertian tersebut maka muncul aqidah secara istilah yaitu dasar keimanan yang mengikat kepada setiap umat muslim dengan landasan Alqur’an dan Hadits. Apabila landasan umat manusia goyah, mampu mengantar manusia pada kesesatan, seperti fanatik terhadap nenek moyang dan menggunakan cara yang berlebihan untuk menghormati para wali, karena itulah Aqidah juga merupakan salah satu kunci umat manusia untuk menuju kejalan yang baik dan benar, sehingga Aqidah juga dijadikan kunci, serta tolak ukur kehidupan manuia. Dari Aqidah yang timbul atas pemikiran pribadi Syaikh Abdul Qodir Al-Jailanilah yang menimbulkan ketertarikan untuk melakukan penelitian terkait konsep Aqidah yang dibawakan Syaikh Abdul Qodir, yang mana konsep Aqidah Syaikh Abdul Qodir bisa dijadikan sebagai landasan dan tolak ukur umat manusia percaya atas keimanan yang dimiliki. sehingga peneliti memiliki beberapa materi yang akan dijadikan bahan pembahasan pada skripsi ini, antara lain yaitu : apa saja tema Aqidah dalam kitab Manaqib Al-Lujjain Ad-Dani dan bagaimana konsep Aqidah dalam kitab Al-Lujjain Ad-Dani. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu supaya bisa mengetahui apa saja tema Aqidah dan mengetahui Konsep Aqidah dalam kitab tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa konsep aqidah yang ada dalam kitab Al-Lujjain Ad-Dani, dan mengetahui konsep aqidah dalam kitab Al-Lujjain Ad-Dani. Penelitian ini merupakan penilitian jenis pustaka (library research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa data primer sebgai subjek penelitian adalah kitab Al-Lujjain Ad-Dani dan skunder berupa buku-buku atau penelitian terdahulu yang berhubungan dengan permasalahan dalam skripsi ini. Hasil temuan dari penelitian ini bisa mengetahui tentang tema aqidah yaitu tawashul yang berarti sebuah jembatan penghubung manusia kepada sang pencipta, bid’ah madzmumah berarti perbuatan yang bertentangan dengan sunnah, iman berarti keyakinan yang memiliki cakupan yakin dengan Allah, Kitab Allah, Rashul, Malaikat, hari Akhir dan Qada’ Qodar. dan konsep aqidah yang tejadi pada Syaikh Abdul Qodir Al-jailani dalam kitab Al-Lujjain Ad-Dani yaitu sebuah pemurnian diri kepada tuhan dan menyangkal hal-hal yang menimbulkan terjadinya perbuatan syirik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah; al-Lujjain ad-Dani; Syaikh Abdul Qodir; Syaikh Ja’far al-Barzanji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:01
Last Modified: 10 Jul 2023 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics