Motivasi remaja samin dalam pelestarian kearifan lokal sedulur sikep Klopoduwur Blora

Uzakkiya, Nurul Izza (2022) Motivasi remaja samin dalam pelestarian kearifan lokal sedulur sikep Klopoduwur Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804036029_Nurul_Izza_Uzakkiya_Lengkap] Text (Skripsi_1804036029_Nurul_Izza_Uzakkiya_Lengkap)
1804036029_NururlizzaUzakkiya_filelengkap - Nurul Izza__U. Uzakkiya.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kearifan lokal merupakan salah satu bagian budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diteruskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya. Remaja sebagai generasi emas penerus bangsa sangat berperanuntuk melestarikan Kearifan Lokal. Samin adalah salah satu kepercayaan yang terdapat di Tanah Jawa. Pada zaman yang semakin modern kebanyakan masyarakat tidak mengetahui akan keberadaan masyarakat Samin. Remaja sebagai garis terdepan dalam hal meneruskan salah satu kearifan lokal ini memiliki tugas penting kemudian. Bagaimana remaja sebagai generasi emas mengupayakan Kearifan lokal Samin ini ? dan apa motivasi atau tujuan remaja Samin melestarikan Kearifan lokal ini ?. Dari pertanyaan tersebut penulis menganalisis motivasi remaja Samin dalam pelestarian Kearifan Lokal Sedulur Sikep menggunakan teori Hierarki Kebutuhan pemikiran Abraham H. Maslow dan menggunakan metode penelitian jenis penelitian lapangan dengan metode deskriftif-kualitatif dengan melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta data yang menjadi penguat.
Hasil penelitian ini yaitu : pertama, upaya serta perilaku para remaja Samin dalam mempertahankan Kearifan lokal dengan cara: ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan Samin, tetap memegang teguh prinsip-prinsip Samin, mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan kepercayaan. Kedua, motivasi serta latar belakang para remaja Samin dalam melestarikan Kearifan lokal diantaranya: adanya rasa ingin diterima dalam kelompok masyarakat lain (Social needs), adanya rasa ingin dihargai dalam kelompok masyarakat lain (Esteem needs), adanya kebutuhan atas rasa aman (Safety needs).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Remaja Samin; Kearifan lokal
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:46
Last Modified: 07 Aug 2023 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics