Pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV tema 1 MI Al-Islam Gunungpati Semarang

Anjelly, Dwi Fitria (2022) Pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV tema 1 MI Al-Islam Gunungpati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096033_Dwi Fitria A_Full] Text (Skripsi_1803096033_Dwi Fitria A_Full)
1803096033_Dwi Fitria A_Full Skripsi - Dwi Fitria Anjelly UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel adalah menggunakan seluruh kelas IV MI Al- Islam Gunungpati Semarang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes.
Berdasarkan perhitungan uji analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-1. Uji Paired Sample T- Test merupakan uji statistika yang digunakan untuk menguji dua sampel yang berpasangan, apakah mempunyai rata-rata yang secara nyata berbeda atau tidak. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung (14.601) < ttabel (2,011). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara cara berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Berdasarkan hasil analisis pengaruh dua variabel dengan uji koefisien korelasi product moment pada taraf signifikansi 5%, maka diperoleh hasil rhitung 0,66902 > nilai rtabel 0,3961 dan hasil koefisiensi determinasi 44,76% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan jumlah kontribusi sebesar 44,76% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Pembelajaran tematik; Kemampuan berpikir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Jul 2023 09:44
Last Modified: 14 Jul 2023 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics