Trauma healing melalui konseling keluarga bagi korban kekerasan seksual di DP3KB Kabupaten Brebes

Sya’bani, M.Rifqi (2022) Trauma healing melalui konseling keluarga bagi korban kekerasan seksual di DP3KB Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801016027_M.RIFQI_SYA’BANI] Text (SKRIPSI_1801016027_M.RIFQI_SYA’BANI)
1801016027_M.RIFQI SYA_BANI_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

M. Rifqi Sya’bani (1801016027) “Trauma healing melalui Konseling Keluarga bagi Korban Kekerasan Seksual di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes”
Kekerasan pada perempuan seringkali terjadi tidak hanya pada kota-kota besar saja, namun juga terjadi pada kota kecil atau kabupaten salah satunya adalah kabupaten Brebes. Jumlah kasus kekerasan seksual terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga sangat diperlukan langkah dan upaya untuk membantu korban mengurangi rasa trauma akibat kekerasan seksual yang dialami. Kabupaten Brebes sendiri memiliki lembaga yang bergerak khusus untuk memberikan layanan terpadu terhadap korban kekerasan seksual. DP3KB Brebes ini mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan pada korban kekerasan seksual, salah satu layanan penting yang diberikan yaitu layanan konseling keluarga. Pelayanan ini diberikan atas dasar pentingnya tumbuh kembang korban, sehingga korban yang mengalami kekerasan harus mendapatkan dukungan penuh untuk bangkit dari rasa trauma.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kekerasan seksual bagi korban dan untuk mengetahui layanan trauma healing melalui konseling keluarga bagi korban kekerasan seksual di DP3KB Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yakni dari konselor, klien, orang tua klien dan ketua lembaga DP3KB Brebes dan sumber data sekunder dari data yang telah lebih dahulu dikumpulkan oleh orang di luar dari peneliti sendiri, dan dokumentasi dari layanan trauma healing melalui konseling keluarga bagi korban kekerasan seksual di DP3KB Brebes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis model Milles & Huberman yang meliputi: reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Trauma healing sebagai salah satu layanan dari program konseling keluarga yang diberikan oleh DP3KB Brebes yaitu dapat membantu korban dan keluarga korban kekerasan seksual menyembuhkan rasa trauma pada korban setelah mendapatkan perilaku kekerasan seksual. 2) Hasil pasca proses trauma healing melaluikonseling keluarga bagi korban kekerasan seksual adalah sebagai berikut: a) Perubahan psikologis, b) Membaiknya rasa trauma, c) Meningkatnya rasa percaya diri, d) Terungkapnya kasus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Trauma healing; Konseling Keluarga; Korban Kekerasan Seksual
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Jul 2023 08:01
Last Modified: 15 Jul 2023 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics