Resepsi pembacaan Surat Al-Insyirah setelah shalat Subuh dan Maghrib di Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung Rembul Bojong Kabupaten Tegal

Zulfi, Moh. Nizar (2022) Resepsi pembacaan Surat Al-Insyirah setelah shalat Subuh dan Maghrib di Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung Rembul Bojong Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Resepsi pembacaan Surat Al-Insyirah setelah shalat Subuh dan Maghrib di Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung Rembul Bojong Kabupaten Tegal] Text (Resepsi pembacaan Surat Al-Insyirah setelah shalat Subuh dan Maghrib di Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung Rembul Bojong Kabupaten Tegal)
Skripsi_1604026143_Moh_Nizar_Zulfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Resepsi Pembacaan Surat Al-Insyirah Setelah shalat Subuh dan Maghrib di Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung, Rembul, Bojong, Kabupaten Tegal. Di era modernitas seperti saat ini, nilai-nilai religiusitas sudah semakin terkikis dan tergantikan dengan segudang aktivitas yang menyita waktu dan menuntut kecepatan. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengamalkan tradisi serta niali religiusitas dalam diri. Seperti dengan melakukan dzikir serta pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini menganalisis bagaimana pelaksanaan amalan pembacaan Q.S Al-Insyirah setelah shalat subuh dan maghrib yang dilakukan oleh jama’ah Masjid Baitul Muttakin Dukuh Gergintung, Rembul, Bojong, Kabupaten Tegal serta bagaimana makna dari tradisi pembacaan Q.S Al-Insyirah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus menggunakan teknik wawancara terstruktur namun tetap memperhatikan variabel baru yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, masyarakat Dukuh Gergintung, Rembul, Bojong, Kabupaten Tegal sudah ada sejak tahun 1927 dan masih diamalkan hingga saat ini dan rutin dilakukan setiap selesai shalat Subuh dan Maghrib. Kedua, pembacaan surat al-Insyirah ini memberikan dampak yang baik seperti memberikan rasa tenang dan aman, serta memiliki kelapangan dada dan jiwa optimisme yang tinggi untuk melakukan usaha di jalan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Surat al-Insyirah; Resepsi Ayat Al-Qur’an; Pembacaan Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:05
Last Modified: 20 Jul 2023 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics