Pengaruh media pembayaran cashless dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif menurut ekonomi Islam : studi kasus pengguna Shopee di Kabupaten Kudus

Ula, Nela Rohmatul (2022) Pengaruh media pembayaran cashless dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif menurut ekonomi Islam : studi kasus pengguna Shopee di Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026070_Nela_Rohmatul_Ula] Text (Skripsi_1805026070_Nela_Rohmatul_Ula)
skipsi_1805026070_Nela_Rohmatul_Ula.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembayaran cashless dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif menurut ekonomi Islam pada pengguna aplikasi Shopee di kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar melalui google form. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 126 reponden masyarakat berdomisili Kudus pengguna aplikasi Shopee dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan meliputi uji instrument penelitian, uji asumsi klasik dengan uji analisis data berupa uji statistik deskriptif dan regresi liner berganda, kemudian uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS versi 24. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel media pembayaran cashless tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada pengguna aplikasi Shopee dilihat dari hasil nilai t hitung -0,893 lebih kecil dari t tabel 1,661 dan nilai signifikansi pada 0,374 yang lebih besar dari 0,05. 2) variabel gaya hidup memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada pengguna aplikasi Shopee dilihat dari hasil nila t hitung 17,326 lebih besar dari t tabel 1,661 dan nilai signifikansi pada 0,000 lebih kecil dari 0,05.

ABSTRACT:
This study aims to analyze the influence of cashless payment media and lifestyle on consumptive behavior according to the Islamic economy of Shopee application users in Kudus district. The method used in this study is a quantitative method by collecting data using questionnaires distributed via google form. The subjects in this study used a sample of 126 respondents who are domiciled in Kudus, users of the Shopee application. The sampling technique used was purposive sampling. The analytical method used includes research instrument tests, classical assumption tests with data analysis tests in the form of descriptive statistical tests and multiple linear regression, then hypothesis testing is processed using SPSS version 24. The results of the study show that 1) cashless payment media variables do not have a significant effect towards consumptive behavior of Shopee application users seen from the results of the t count -0.893 which is smaller than t table 1.661 and the significance value at 0.374 which is greater than 0.05. 2) lifestyle variables have a significant influence on consumptive behavior of Shopee application users as seen from the results of the t count 17.326 greater than t table 1.661 and the significance value at 0.000 is less than 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cashless Payments; Lifestyle; Consumptive Behavior; Media pembayaran; Perilaku konsumtif; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:31
Last Modified: 18 Jul 2023 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics