Kodikologi dan karakteristik manuskrip Tafsir Jalalain Bangkalan

Ni'mah, Faridatun (2022) Kodikologi dan karakteristik manuskrip Tafsir Jalalain Bangkalan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026015_FARIDATUN_NI_MAH] Text (Skripsi_1804026015_FARIDATUN_NI_MAH)
Skripsi_1804026015_FARIDATUN_NI_MAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tafsir Jalālain adalah satu kitab tafsir yang memiliki peran penting dalam keilmuan tafsir di Nusantara, karena semasa kekosongan penulisan tafsir, Tafsir Jalālain banyak digunakan dan disalin sebagai pegangan untuk pembelajaran di berbagai pesantren Nusantra. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam dengan ditemukan manuskrip Tafsir Jalālain di Ponpes Manbaul Hikam Bangkalan yang telah didigitalisasi dan dipublikasikan oleh BLA Semarang dengan kode BLAS/BAN/17/AQ/2.
Dalam penelitian ini, penulis fokus membahas fisik naskah dan tekstologi naskah dengan rumusan masalah bagimana kodikologi manuskrip Tafsir Jalālain Bangkalan dan bagaiamana karakteristik rasm dan tekstologi manuskrip Tafsir Jalālain Bangkalan. Untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif, berupa library research dengan menggunakan analilis isi dan deskriptif.
Setelah dilakukan penelitian dan analisis terhadap manuskrip ini, dapat diketahui bahwa dari segi kodikologi, manuskrip ini menggunakan kertas Eropa dengan watermark berupa gambar Singa bermahkota dengan membawa perisai ditangannya, serta terdapat tulisan yang melingarinya. Selain itu, juga terdapat countermark yang menunjukkan bahwa kertas tersebut diproduksi pada tahun 1855 M di Belgia. Manuskrip Tafsi>r Jalālain ini tidak terdapat kolofon di dalamnya, sehingga tidak diketahui siapa dan kapan penyalinan dilakukan. Namun, berdasarkan kertas yang digunakan, diperkirakan bahwa manuskrip ini ditulis tidak jauh dari tahun kertas itu diproduksi, yaitu abad ke-19. Manuskrip ini memiliki total halaman sebanyak 390 halaman, serta tulisan yang berharakat dan bermakna Gandul hanya pada surat al-Baqarah saja. Iluminasi berupa ornamen tetumbuhan dan batik bercorak swastika. Sedangkan tinta yang digunakan adalah warna merah untuk tulisan al-Qur’an, dan warna hitam untuk tulisan tafsirnya.
Adapun karakteristik penulisan rasm dan tekstologi manuskrip ini adalah penggunaan rasm imla’i dan rasm ustmani dengan khat naskhi yang mudah dipahami, serta penulisan ta’marbuthah yang disambung dengan huruf sebelumnya, berupa huruf ra’, dal, dan wawu, dan penulisan huruf kaf seperti huruf Pegon Sunda yang telah diubah. Namun, penulisannya tidak digunakan pada keseluruhan lafal-lafal yang sama. Kemudian terdapat pula corrupt atau kesalahan penulisan kata karena kesalahan dalam penjilidan. Scholia berupa koreksi kata, tanda juz, tanda ruku’, dan catchward juga terdapat di dalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manuskrip; Tāfsir Jalālain; Bangkalan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:17
Last Modified: 20 Jul 2023 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics