Konsep keteladanan dalam tafsir Al-Ibriz karya Bisyri Mustofa : studi tafsīr tematik

Chasanah, Gina Fadhillah Fitriani (2022) Konsep keteladanan dalam tafsir Al-Ibriz karya Bisyri Mustofa : studi tafsīr tematik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026038_Gina_Fadhillah] Text (Skripsi_1804026038_Gina_Fadhillah)
Skripsi_1804026038_Gina_Fadhillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sejauh ini, tafsīr Al-Ibrīz karya Bisyrī Muṣṭofā hanya dikenal sebagai salah satu tafsīr yang berbahasa Jawa, padahal Bisyrī Muṣṭofā juga merupakan salah satu mufasir yang penafsirannya bersifat kontekstual. Penafsirannya meliputi berbagai aspek dalam kehidupan saat ini dan belum ada yang mengkaji tentang konsep keteladanan dalam tafsīr Al-Ibrīz. Penelitian ini mengkaji konsep keteladanan menurut tafsīr Al-Ibrīz karya Bisyrī Muṣṭofā serta relevansi konsep keteladanan berdasarkan penafsiran Bisyrī Muṣṭofā dalam tafsīr Al-Ibrīz di era saat ini.
Penelitian kepustakaan (library research) yang memakai pendekatan kualitatif merupakan jenis dari penelitian ini. Untuk mengumpulkan data yang berupa ayat-ayat Al-Qur’ān di penlitian ini digunakan metode penelitian tafsīr tematik (maudhu’i). Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut; Pertama, Bisyrī Muṣṭofā mengkategorikan konsep keteladanan menjadi dua aspek, yakni karakteristik orang yang diteladani dan batasan dalam meneladani seseorang. Kedua, relevansi konsep keteladanan dalam konteks saat ini adalah penafsiran ini memberikan tuntunan bagi masyarakat terkait karakteristik orang yang diteladani dan batasan dalam meneladani seseorang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keteladanan; Tafsir al-Ibrīz; Bisyrī Muṣṭofā; Tafsir Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:53
Last Modified: 20 Jul 2023 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics