Strategi pemasaran syariah pada masa pandemi covid-19 untuk peningkatan daya saing pada pabrik home industri kerupuk usek Raditya di Desa Sarirejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal

Aini, Gita Nur (2022) Strategi pemasaran syariah pada masa pandemi covid-19 untuk peningkatan daya saing pada pabrik home industri kerupuk usek Raditya di Desa Sarirejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1805026071_Gita_Nur_Aini] Text (skripsi_1805026071_Gita_Nur_Aini)
skripsi_1805026071_Gita_Nur_Aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran syariah merupakan instrumen penting yang digunakan untuk membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dengan menciptakan keunggulan yang kompetitif yang mampu bertahan lama di pasar. Strategi pemasaran yang digunakan untuk mencapai pasar sasaran harus didasarkan pada empat prinsip utama: Ketuhanan (rabbaniyyah), menjunjung tinggi akhlak mulia (akhlaqiyyah), realistis (waqi’iyyah), dan humanistis (Insyaniyyah). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi pemasaran syariah pada Home Industri Kerupuk Usek Raditya dengan 4 paradigma strategi pemasaran syariah yaitu syariah marketing strategy, yang terdiri dari segmentasi, targeting dan positioning. Syariah marketing tactic yang terdiri dari marketing mix (Bauran Pemasaran) 4P (product, price, place. Promotion). Syariah marketing value yang terdiri dari brand, process dan service, serta spiritual marketing strategy.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan observasi untuk memperoleh data primer, serta dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Dalam penelitian ini yang menjadi informan atau narasumber adalah orang-orang yang dianggap paham dan mengetahui mengenai strategi pemasaran pada Home Industri Raditya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah yang pada home industri kerupuk usek Raditya sesuai dan sejalan dengan paradigma strategi pemasaran syariah dengan menekankan pada mind share, market share, dan heart share. Dalam hal syariah marketing strategy, yaitu segmentasi pasar berdasarkan ukuran dan populasi dan target pasar bisa dijangkau semua kalangan serta untuk merebut hati konsumennya dengan pelayanan yang ramah dan jujur. Syariah marketing tactic, terdiri produk yang halal dan berkualitas, penetapan harga sesuai syariah, terkait lokasi usaha layak sesuai syariah karena tidak membahayakan. Syariah marketing value, memiliki nilai manfaat bagi konsumen diantaranya menyehatkan karena kerupuk digoreng dengan pasir sehingga rendah kolesterol. Dari spiritual marketing strategy berfokus pada prinsip kejujuran keramahan yang harus dimiliki seorang pebisnis, merasa bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi dimanapun berada, jadi baik nilai atau prinsip syariah sangat penting dan bermanfaat dalam dunia bisnis.
ABSTRACT
Sharia marketing strategy is an important instrument used to help companies achieve their goals by creating a competitive advantage that can last a long time in the market. The marketing strategy used to reach the target market must be based on four main principles: Divinity (rabbaniyyah), upholding noble character (akhlaqiyyah), realistic (waqi'iyyah), and humanistic (Insyaniyyah). This study aims to analyze the sharia marketing strategy at the Home Industry Crackers Usek Raditya with 4 paradigms of sharia marketing strategy, namely sharia marketing strategy, which consists of segmentation, targeting and positioning. Sharia marketing tactic which consists of the 4P (product, price, place. Promotion) marketing mix. Sharia marketing value consisting of brand, process and service, as well as spiritual marketing strategy.
This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. Sources of data used in this study are primary and secondary data. Data collection techniques in this study were interviews and observations to obtain primary data, and documentation to obtain secondary data. In this study, the informants or resource persons are people who are considered to understand and know about marketing strategies at Raditya's Home Industry.
The results of this study indicate that the sharia marketing strategy in the home industry of crackers usingk Raditya is appropriate and in line with the paradigm of sharia marketing strategy by emphasizing mind share, market share, and heart share. In terms of sharia marketing strategy, namely market segmentation based on size and population and the target market can be reached by all groups and to win the hearts of consumers with friendly and honest service. Sharia marketing tactics, consisting of halal and quality products, pricing according to sharia, related to business locations that are appropriate according to sharia because they are not dangerous. Sharia marketing value, has benefits for consumers, including being healthy because the crackers are fried with sand so that they are low in cholesterol. From the spiritual marketing strategy, it focuses on the principle of honesty, friendliness, which a businessman must have, feeling that Allah SWT is always watching wherever he is, so whether sharia values or principles are very important and useful in the business world.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran syariah; Home industri; Pandemi covid-19; Kerupuk usek
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:58
Last Modified: 20 Jul 2023 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics