Resepsi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mubarok di Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Amalia, Aghnia Chusnul (2022) Resepsi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mubarok di Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026065_Aghnia_Chusnul_Amalia] Text (Skripsi_1804026065_Aghnia_Chusnul_Amalia)
Skripsi_1804026065_Aghnia_Chusnul_Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan Kalamullah yang diriwayatkan secara mutawatir, serta yang membacanya dinilai ibadah. Sebagai Al-Qur’an yang harus dibaca, pembaca pastinya memiliki beragam praktik yang berbeda-beda sesuai dengan kepercayaan mereka masing-masing. Membaca Al-Qur’an semata hanya untuk ibadah karena Allah SWT, dan sebagai pedoman hidup mereka. Living Qur’an bermula dari fenomena Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari atau makna dan fungsi Al-Qur’an yang riil dipahami dan dialami masyarakat muslim. Salah satunya resepsi yang dilakukan di pondok pesantren Al-Mubarok Sayung Demak dengan melakukan berbagai macam praktik serta meresepsi Al-Qur’an.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menegtahui apa saja praktik resepsi Al-Qur’an serta bagaimana resepsi Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Mubarok. Sumber data penelitan ini adalah pengasuh, santri, ustadz, alumni pondok pesantren Al-Mubarok. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah pertama, praktik resepsi Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Mubarok Sayung Demak. Terdapat ada beberapa resepsi Al-Qur’an salah satunya: praktik resepsi bandongan ngaji Kitab Tafsir Jalalain. Kedua, makna resepsi Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Mubarok Sayung Demak. Terdapat makna resepsi Al-Qur’an salah satunya: dengan mengikuti kegiatan bandongan ngaji Kitab Tafsi>r Jalalain dapat membuat santri mengerti makna Al-Qur’an. Resepsi yang ada di pondok pesantren Al-Mubarok ini mencakup resepsi eksegesis, resepsi estetis, dan resepsi fungsional, dengan menggunakan teori Karl Manheim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resepsi; Al-Quran; Macam-macam Resepsi; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:04
Last Modified: 24 Jul 2023 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics