Peran politik perempuan : studi analisis penafsiran Husein Muhammad terhadap QS. An-Nisa’ ayat 34

Ni'mawati, Neli (2022) Peran politik perempuan : studi analisis penafsiran Husein Muhammad terhadap QS. An-Nisa’ ayat 34. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026124_NELI NI_MAWATI] Text (Skripsi_1804026124_NELI NI_MAWATI)
Skripsi_1804026124_NELI NI_MAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (794kB)

Abstract

Diskursus yang sudah sering dibicarakan adalah mengenai peran perempuan dalam ranah politik. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa perempuan hanya bisa memimpin dalam ranah domestik saja, namun realita sekarang perempuan bisa menjadi pemimpin di ruang publik yang sejajar dengan laki-laki. Tentu saja, peran politik atau sosial yang ingin diambil harus seimbang dengan kodrat dan kewajiban wanita sesuai syari’at yang telah Allah tetapkan. Peneliti disini berusaha menjelaskan bagaimana pandangan Husein Muhammad mengenai peran politik perempuan atas Surat An-Nisa’ ayat 34.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, a) bagaimana penafsiran Husein Muhammad tentang peran politik perempuan terhadap QS. An-Nisa ayat 34, b) bagaimana metode Husein dalam menafsirkan QS. An-Nisa ayat 34.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data studi dokumen. Sumber data primer berupa Al-Qur’an dan buku-buku karya Husein Muhammad dan data sekunder berupa buku atau penelitian yang relevan dengan penelitian penulis. Analisis deskriptif menjadi metode dalam skripsi ini.
Hasil penelitian dalam skripsi menunjukan bahwa Husein tidak berfokus pada penafsiran QS. An-Nisa ayat 34 akan tetapi beliau lebih fokus mengkritik penafsiran ulama zaman dulu dikarenakan perempuan hanya bisa memimpin dalam ranah domestik saja melainkan bisa merambah ke ranah politik. Metode penafsiran yang digunakan Husein Muhammad adalah dengan cara mengumpulkan pendapat-pendapat ulama zaman dulu dan diinterpretasikan ulang sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Politik; Perempuan; QS. An-Nisa ayat 34; Husein Muhammad
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 24 Jul 2023 10:06
Last Modified: 24 Jul 2023 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics